Home / ACEH / Takdir, Putra Aceh yang untuk Ketiga Kalinya Diundang ke Turki

Takdir, Putra Aceh yang untuk Ketiga Kalinya Diundang ke Turki

KLIKKABAR.COM – Di sebelah utara podium utama yang dihadiri Gubernur Aceh, Forkopimda, Kakanwil Kemenag Aceh, Sekda, SKPA, SKPK Banda Aceh, dan undangan, qari internasional ini, kembali melantunkan kalam Ilahi, dengan suara merdunya.

Takdir Feriza, guru tilawah kelahiran Gampong Lampuuk, Darussalam Aceh Besar, 20 Juli 1986 ini, usai mengaji duduk kembali bersebelahan dengan pemandu doa, Ustadz Akhi Tamlikha Lc.

Di sisi kirinya, berdiri MC upacara, Indayani SAg, yang mengatur tertib acara, di Lapangan Blang Padang Banda Aceh itu.

Takdir Feriza SPd.I, alumni Fakultas Tarbiyah IAIN Ar-Raniry Banda Aceh itu, bacakan beberapa ayat tentang pendidikan. Sebab kemarin, pagi Selasa (2/5) adalah peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hadiknas) 2017. Di sampingnya berdiri Di sisi kirinya, berdiri pembaca saritilawah Dian Puspita (siswi SMAN 5 Banda Aceh). Usai itu, qari kembali memandu Shalawat Badar, dan hadirin pun berdiri.

Di sela-sela upacara, Takdir menceritakan rencana puasa depan, bahwa melalui Menteri Agama RI, H Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Agama Turki Prof Dr Mehmed Gormet telah mengundang kembali Takdir ke negeri dua benua itu.

“Beberapa hari sebelum puasa, pada Senin 22 Mei depan, akan terbang dari Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang Aceh Besar, lalu bergabung dengan rekan Jambi di Jakarta. Langsung terbang ke Bandara Ataturk Istambul, lalu ke Bandara Esenboga Ankara,” ungkapnya.

Ini undangan ketiga ke negeri pusat Kekhalifahan Utsmani (Ottoman) itu. Ramadhan 1437 Hijriah lalu, selama 12 hari, Takdir mengunjungi 12 kota, salah satunya dalam rangka haflah Al-Quran, selama bulan agung itu. Kali ini, lebih lama, hingga Jumat 23 Juni sebelum lebaran. Kehadirannya akan disambut resmi pejabat setempat.

Takdir Feriza, suami Fajrina Rahmi AMd Kep ini, banyak dianugerahi penghargaan, atas prestasinya. Misalnya, dua tahun lalu, Rabu (28/10), di depan kantor gubernur, dalam upacaranya, Inspektur Upacara (Irup) Sekda Aceh Drs H Dermawan MM, secara simbolis menyerahkan award bagi pemuda Aceh berprestasi 2015, termasuk Takdir Feriza, yang baru juarai MTQ Internasional di Turki, saat itu.

Takdir juga pernah diundang secara khusus untuk membaca Al-Quranul Karim pada pembukaan Konferensi Dunia Melayu Dunia Islam (KDMDI) ke 14, di Hotel Hatten, Malaka, Malaysia, Selasa (29/10/2013). Sebelumnya, dia juga raih Qari Terbaik I dalam kegiatan Tilawatil Quran Dunia Melayu Dunia Islam (MTQ DMDI) yang berlangsung 25-28 Juli 2013 di Malaka sana.

Selain Juara I dari MTQ Aceh Kota Subulussalam (2013), Takdir juga qari peraih Juara I MTQ Tingkat Remaja Provinsi Aceh di Bireuen (2007), Juara III MTQN Mahasiswa di Pontianak (2008), Juara III PTQ RRI Nasional di Jakarta (2009), Juara III PTQ RRI Nasional di Bandung (2010), dan Juara MTQ Antarbank se-Indonesia di Palembang (2013). (Yaqub: Kemenag)