Home / ACEH / Di Langsa, e-Tilang Mulai Diterapkan

Di Langsa, e-Tilang Mulai Diterapkan

KLIKKABAR.COM, LANGSA – Polres Langsa mulai menerapkan e-Tilang, di jalan A.Yani, Kota Langsa, pada Jumat yang lalu 21 April 2017.

 

Sistem e-Tilang ini diharapkan menjadi solusi bagi masyarakat yang selama ini mengeluh karena banyak tersita waktunya saat melakukan pembayaran tilang.

Kasat Lantas Polres Langsa AKP Vifa Fibriana Sari,Sik, menjelaskan proses e-Tilang sendiri, untuk mempermudah pengambilan barang bukti dari petugas kepolisian sekaligus pencegahan terjadinya suap di lapangan.

 

Dengan sistem membayar via ATM atau membayar tunai di Bank BRI, pelanggar bisa langsung mengambil barang bukti seperti STNK atau SIM yang telah disita petugas kepolisian yang menindak di lapangan

Proses e-Tilang lanjut Kasat Lantas, diawali dari petugas melakukan penindakan terhadap pelanggar yang berkaitan dengan UULAJ no 22 tahun 2009.

 

Kemudian pelanggar diberikan tindakan secara tertulis melalui bukti surat tilang dan melalui sistem e-Tilang menggunakan handphone yang berbasis android.

Setelah data pelanggar diisi oleh petugas maka akan muncul nomor Briva (nomor unik untuk membayar denda di ATM). Pelanggar diberikan nomor pembayaran yang disebut briva untuk membayar denda ke Bank atau ATM terdekat.

Setelah pembayaran denda selesai,  pelanggar membawa bukti pembayaran dari bank untuk mendatangi petugas penindak di lapangan untuk menukar barang bukti yang telah ditahan oleh petugas tersebut.

 

Petugas memberikan surat motor atau mobil yang ditahan, setelah mendapatkan informasi dari sistem E tilang bahwa pelanggar telah membayar denda tilang dan lembar tilang elektronik yang semula berwarna biru berbuah menjadi hijau. petugas lalu menukar barang bukti tersebut dengan menerima resi pembayaran,  baik ATM ataupun dari Bank.