Home / ACEH / PIONIR VIII di UIN Ar-Raniry akan Diikuti 2.250 Mahasiswa

PIONIR VIII di UIN Ar-Raniry akan Diikuti 2.250 Mahasiswa

KLIKKABAR.COM – Kementerian Agama kembali menggelar Pekan Ilmiah, Olahraga, Seni, dan Riset (PIONIR) tahun 2017. Ajang aktualiasi mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) ke-8 ini akan digelar di UIN Ar-Raniry Banda Aceh pada 25 April -1 Mei 2017.

Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin mengatakan, gelaran 2 (dua) tahunan ini akan diikuti sekitar 2.250 Mahasiswa dari 55 (lima puluh lima) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKIN) se-Nusantara.

“PIONIR VIII akan diikuti mahasiswa dari 11 UIN (Universitas Islam Negeri), 32 IAIN (Institut Agama Islam Negeri), dan 12 STAIN (Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri). Mereka akan dipandu 360 official dan ratusan rombongan kontingen,” kata Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Kamaruddin Amin, dalam keterangan persnya, di Jakarta, Jumat (21/04).

PIONIR VIII rencananya akan dibuka Menag Lukman Hakim Saifuddin pada 26 April 2017. Gubernur NAD Zaini Abdullah beserta kepala daerah di Aceh juga dijadwalkan akan hadir dalam seremonial pembukaan.

Selain itu, para Rektor/Ketua PTKIN se-Indonesia dan sejumlah akademisi dari perguruan tinggi juga akan ikut menjadi saksi gelaran akbar yang juga dimeriahkan lima ribu murid madrasah dan sekolah se-kota Banda Aceh.

Didampingi Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Nizar Ali dan Ketua Panitia UIN Arraniry Banda Aceh Syamsul Rijal, Kamaruddin mengatakan bahwa cabang olah raga yang akan dilombakan pada PIONIR ini kali lebih banyak dibanding sebelumnya.

“PIONIR sebelumnya ada 10 (sepuluh) cabang olahraga, 8 (delapan) bidang seni dan 2 (dua) bidang riset. Tahun 2017, ada 5 (lima) cabang pertandingan dan perlombaan baru, yaitu: Musabaqah Qiratul Kutub, puitisasi Al Quran, marawis, dan Musabaqah Syarhil Quran. Selain itu, cabang baru lainnya adalah lomba karya inovatif mahasiswa,” ujar Kamaruddin.

“Bagi juara I,II dan III selain mendapat medali, mereka juga mendapat Bantuan Pembinaan Mahasiswa Prestasi. PTKIN yang bisa menjadi juara umum akan mendapat Tropy Bergilir dari Kementerian Agama RI,” imbuhnya.