Home / ACEH / Teknik Elektro UIN dan PLN Aceh Jalin Kerja Sama

Teknik Elektro UIN dan PLN Aceh Jalin Kerja Sama

IST

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Program Studi (Prodi) Pendidikan Teknik Elektro (PTE) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry dan PT PLN (Persero) Wilayah Aceh menandatangani MoU naskah kerjasama dalam rangka memberdayakan alumnus Teknik Elektro UIN.

Penandatangan naskah kerjasama ini dirangkai dengan stadium general (kuliah umum) yang terselenggara atas dukungan PLN dalam rangka Milad ke III Pendidikan Teknik Elektro FTK UIN Ar-Raniry, Kamis, 20 April 2017.

Stadium General dengan tema “Peran Tenaga Edukasi dalam Pembangunan Infrastruktur Kelistrikan yang Berkesinambungan dan Ramah Lingkungan” ini menghadirkan pembicara yaitu General Manager PT PLN Aceh, Jefri Rosdiadi dan Mohd Al Fatah Ketua Komisi Pendidikan di Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA)

Sebelum stadium general dimulai, diawali dengan penandatangan naskah kerjasama ini dilakukan oleh Jefri Rosdiadi dan Rektor UIN Ar-Raniry, Prof. Dr Farid Wajdi Ibrahim, MA yang diwakili oleh Wakil Rektor II Drs. Luthfi Aunie, MA. Disaksikan oleh Dekan FTK UIN Dr Mujiburahman, M.Ag, wakil dekan Dr Sri Suyanta, M.A, Dr Safrul Muluk, Dr Syarwan, Kabag Kerjasama Kelembagaan dan Humas UIN Ar-Raniry Drs. Faudi Zulkifli, dan para undangan lainnya. Selain itu juga dihadiri oleh ratusan mahasiswa teknik elektro UIN dan tamu undangan lainnya.

Dekan FTK UIN, Dr Mujiburrahman, M.Ag dalam sambutannya menyampaikan, bahwa kerjasama ini bukanlah yang pertama, tapi akan menjadi kreatifitas yang akan terus berlanjut dengan PLN Aceh. Mujiburrahman juga mengatakan, Prodi Teknik Elektro merupakan kebutuhan dan kebanggaan bagi Aceh, bukan hanya bagi UIN.

”Prodi ini merupakan satu-satunya Prodi yang ada di lingkungan Kementerian Agama. Artinya, di seluruh UIN di Indonesia, Prodi Teknik Elektro hanya ada di Aceh Ar-Raniry, “ujar Mujiburrahman.

Oleh sebab itu, kata Mujiburrahman, ini adalah perjuangan sekaligus tantangan. Dengan segala keterbatasan, kami tidak akan mampu berkreatifitas mengembangkan Prodi ini kalau tidak ada dukungan dari semua pihak, termasuk dari PLN.

Mujiburrahman juga berharap, para alumni yang hari ini bergabung di prodi ini masa depan mereka mudah-mudah bias bergabung di PLN seluruh Indonesia.

“MoU ini bermakna kepada prodi, mahasiswa, kampus, PLN, masyarakat dan sebagainya. Atas dukungan dan kemitraan ini kami sampaikan terimakasih banyak. Dengan momentum berharga hari ini, mudah-mudah akan menjadi awal yang bersejarah bagi prodi Pendidikan Teknik Elektro (PTE) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry, “pungkas Mujiburrahman.

Kabag Kerjasama Kelembagaan dan Humas UIN, Drs. Fuadi Zulkifli mengatakan, dalam naskah kerjasama yang ditandatangani General Manager PLN Wilayah Aceh, Jefri Rosiadi dan Rektor UIN Ar-Raniry Prof Dr Farid Wajdi Ibrahim, MA, ruang lingkup kerjasama meliputi antara lain yaitu, penelitian dan penyusunan dokumen AMDAL (UKL/UPL) pembangkit di Aceh, studi tentang pengoperasian dan pemeliharaan system dan kontinuitas penyaluran, studi tentang efisiensi, baik disisi pembangkit, jaringan dan pemanfaatan tenaga listrik.

“Selain itu, kerjasama juga meliputi dimana pihak PLN akan membuka kesempatan pada seluruh mahasiswa UIN Ar-Raniry dalam program magang, pengembangan energi baru terbarukan (EBT) dan mobil istri, pengabdian kepada masyarakat berupa sosialisasi listrik ramah lingkungan, keamanan penggunaan listrik di masyarakat pelanggan dan sebagainya, “ ujar Fuadi.

Sementara itu, warek II UIN, Luthfi Aunie dalam sambutannya berharap akan muncul ilmuan dari UIN Ar-Raniry yang pakar di bidang listrik sehingga kelak bisa menggantikan orang-orang tua sekarang.

Luthfi mengingatkan, bahwa produk receipt skill memiliki kemampuan untuk menciptakan, menciptakanreceipt skill itu perlu mendengar dengan serius, yang kedua membaca (reading). Sementara itu, Jefri Rosiadi dalam kuliah umum ini berbicara tentang peluang dan tantangan pembangunan infrastruktur kelistrikan di Aceh.(rel)