Home / ACEH / Festival Kebudayaan Umuslim Bireuen Berlangsung

Festival Kebudayaan Umuslim Bireuen Berlangsung

KLIKKABAR.COM, BIREUEN- Festival Kebudayaan Umuslim yang diselenggarakan dari tanggal 20 – 25 April 2017 resmi dibuka.  “ Memacu Semangat Generasi yang Berbakat dan Berbudaya melalui Festival Kebudayaan” menjadi tema pada acara diskusi publik yang menjadi pembuka acara.

Basyir, selaku Ketua Panitia mengatakan, bahwa era sekarang banyak anak-anak yang terpengaruh dengan adanya modernisasi sehingga permainan tradisional yang ada menjadi usang, dan terabaikan.

“Di acara Festival Kebudayaan Umuslim juga diadakan berbagai macam perlombaan, diantaranya perlombaan membaca puisi, perlombaan duta kampus, perlombaan fashion show, perlombaan anyam reungkan, dan berbagai jenis perlombaan permainan tradisional,”papar Basyir.

Acara tersebut resmi dibuka oleh Rektor Umuslim, Drs. Amiruddin Idris, SE, M.Si. Dalam sambutannya, Amir menyebutkan, “Dalam segala hal banyak yang akan membuat regenerasi yang ada semakin berkembang, diantaranya dengan melestarikan budaya kita sendiri,” ungkapnya.

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan diskusi publik dengan pemateri Rafly Kande. Ia mengatakan bahwa perbedaan budaya dulu dengan sekarang “paneuk ngen panyang senipat kana”. Maksudnya kebudayaan dulu takut ketika mengerjakan apapun tidak sesuai.

“Kita seharusnya bisa mengembangkan dunia baru dengan selektif menjalankan dari tradisi menuju inovasi . Sehingga  tradisi kita yang ada yaitu budaya bisa dihandalkan menjadi perubahan yang lebih baik ke depannya”.(rel)