Home / ACEH / Komisioner KPU, Ilham Saputra: Lawan Intimidasi di Pilkada

Komisioner KPU, Ilham Saputra: Lawan Intimidasi di Pilkada

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Komisioner KPU RI Ilham Saputra meminta kepada masyarakat selaku pemilih pada putaran dua Pilkada DKI 2017 untuk dapat melawan jika ada pihak-pihak yang mencoba mengintimidasi.

Masyarakat, kata Ilham harus punya keyakinan bahwa mereka ini (masyarakat) bisa melawan, bahkan melaporkan kepada pengawas pemilu atau pihak keamanan (TNI/Polri) siapapun yang mencoba melakukan intimidasi.

“Konsep lawan ini harus dipahami oleh masyarakat luas khususnya warga yang ber-KTP DKI Jakarta, karena bentuk intimidasi akan menghambat hak masyarakat untuk menyalurkan hak pilihnya,” ujarnya.

Sementara itu, ILUNI Universitas Indonesia Ahmad Fathul Bary menegaskan bahwa dalam pelaksanaan Pilkada partisipasi publik tidak boleh dikesampingkan. Partisipasi publik dapat menjaga pilkada yang damai dan bermartabat.

Pasca reformasi kata dia, publik diberikan kebebasan untuk berpartisipasi secara aktif dalam pelaksanaan Pilkada. Oleh sebab itu, kita harus mengedukasikan publik supaya ikut serta melaporkan secara nyata pelanggaran yang dilakukan oleh pasangan atau tim sukses calon.

“Publik harus didorong bahwa pelanggaran yang mereka lihat atau baca di media sosial bukan dilaporkan melalui media sosial juga, melainkan dilaporkan berbentuk laporan yang nyata kepada pihak yang berwenang menangani pelanggaran tersebut,”pungkas dia.

Untuk mewujudkan Pilkada yang baik, lanjut dia, publik dapat berpartisipasi melalui pengawasan Pilkada, melaporkan jenis-jenis pelanggaran yang ada kepada pihak yang berwenang.