Home / BERITA TERBARU / Foto Kecurangan Pilkada dapat Iphone 7 di PemulaBersih.org

Foto Kecurangan Pilkada dapat Iphone 7 di PemulaBersih.org

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – PemiluBersih.org didukung Indo Digital Volunteer mengadakan sayembara pantau TPS Pilkada 2017 DKI Jakarta bagi seluruh masyarakat yang memiliki hak pilih. Hadiah yang ditawarkan pun cukup menarik, yakni bagi peserta terpilih akan mendapatkan pulsa sebesar Rp. 100.000, dan bagi foto dan video terbaik, panitia telah menyiapkan hadiah istimewa yakni iPhone 7.

Syarat untuk mengikuti sayembara ini cukup mudah, setiap peserta diminta untuk memfoto dan merekam bila menemukan aksi kecurangan yang berlangsung pada saat pencoblosan, atau pada saat perhitungan suara.

“Sayembara ini mengajak seluruh warga Jakarta untuk aktif terlibat dalam pengawasan penyelenggaraan pemilu. Sekaligus, membangun kesadaran mereka akan arti penting demokrasi yang sehat. Untuk itu, apabila menemukan indikasi kecurangan jangan diam saja, harus langsung bertindak, sertakan bukti dan kirim ke kami,” ujar Ketua Indo Digital Volunteer, Anthony saat ditemui di Jakarta, Selasa, 18 April 2017.

Anthony menjelaskan beberapa bentuk kecurangan yang harus dilaporkan, antaralain seperti adanya pemilih ganda, “ghost voter” yaitu, pemilih yang menggunakan hak pilih bukan atas nama dirinya, atau menggunakan identitas orang lain, kecurangan logistik, praktik politik uang, dan petugas TPS yang tidak netral.

“Kecurangan- kecurangan seperti itu, kerap kita temukan pada saat pelaksanaan Pemilu. Hal ini tentu menodai demokrasi sehat yang kita junjung tinggi. Jadi, sudah saatnya kita bergerak memberantas praktek kecurangan yang merugikan masyarakat,” tegasnya.

Adapun beberapa tata cara yang harus dipenuhi oleh peserta sayembara antaralain, upload foto, atau video di TPS yang terindikasi ada kecurangan ke media social Anda (Facebook, Twitter, dan Instagram). Tag juga kea kun Instagram @pemilubersih dan Facebook Pemilu Bersih.

Kemudian, screenshoot bukti postingan media social dan kirim ke pemilubersih.indonesia@gmail.com, dan pada body email cantumkan Nama, No HP, E-mail, Fotocopy KTP, link media sosial untuk FB, Twitter, dan Instagram. Untuk list data TPS dapat dilihat di www.pemilubersih.org

“Mari kita kawal pemilu ini sebaik mungkin agar proses demokrasi di Indonesia berjalan jujur, adil, tanpa ada penyolongan suara,” pungkas Anthony.(rel)