Home / BERITA TERBARU / Air Wiper Dicampur Sabun, Ternyata Tak Boleh

Air Wiper Dicampur Sabun, Ternyata Tak Boleh

Foto: Autodetail.asia

KLIKKABAR.COM – Wiper atau penghapus kaca merupakan alat yang tak terpisahkan pada setiap mobil. Alat ini digunakan untuk membersihkan kaca mobil dari kotoran yang menempel pada kaca depan.

Fungsi wiper yang sangat vital pada kendaraan membuatnya harus sering dirawat. Bagi sebagian orang, mengisi air wiper dengan sabun merupakan salah satu cara agar wiper tidak cepat rusak. Benarkah demikian?

Menurut pemilik bengkel Orange Garage, Octa Bond mengisi wiper dengan sabun sebenarnya tidak dianjurkan. Hal ini karena sabun dapat meninggalkan kerak pada kaca depan.

“Kalau menggunakan sembarangan sabun itu bisa menyebabkan kaca dengan itu berkerak halus dan jamur, sehingga tidak dianjurkan menggunakan air sabun,” katanya kepada VIVA.co.id.

Selain itu, Octa mengatakan bila pemilik kendaraan sebaiknya menggunakan cairan pembersih khusus sudah banyak dijual saat ini. “Paling baik tentu menggunakan cairan dengan brand yang sudah dipercaya oleh pemilik kendaraan,” tambahnya.

Karena apabila pemilik kendaraan menggunakan air biasa, lanjut Octa, beberapa noda yang menempel pada kaca tidak akan hilang, sehingga dapat mengganggu jarak pandang pengemudi. “Kalau air biasa, engga bisa menghilangkan minyak yang menempel di kaca,” ujarnya. (Viva)