Home / ACEH / Panglima TNI Sarankan Devile Kapal Tempur pada Sail Sabang 2017

Panglima TNI Sarankan Devile Kapal Tempur pada Sail Sabang 2017

Panglima TNI Jend Gatot Nurmantyo @JPNN

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Panglima TNI, Jend Gatot Nurmantyo, menyarankan agar panitia penyelenggara Sail Sabang 2017 menggelar devile kapal tempur untuk mengingat dan mengenang jasa serta menghormati Laksamana Malahayati.

Hal tersebut disampaikan Panglima TNI pada Rapat Koordinasi Tingkat Menteri dan Kepala Daerah dalam rangka Persiapan event Sail Sabang 2017, yang diselenggarakan di Sari Pan Pacifik Hotel, Rabu, 29 Maret 2017.

“Aceh kan punya pahlawan Laksamana Malahayati. Maka saran saya, ada devile kapal-kapal tempur untuk mengingatkan sejarah dan semangat perjuangan beliau, bahwa Laksamana Angkatan Laut pertama bangsa kita adalah seorang perempuan dan berasal dari Aceh,” ujar Panglima TNI, disambut tepuk tangan para hadirin.

Sementara itu, Kepala Staf Angkatan laut, Laksamana TNI, Ade Supandi mengingatkan agar panitia memperbanyak atraksi serta memaksimalkan keunggulan Sabang, di antaranya adalah Tugu Nol Kilometer Indonesia dan keindahan bawah laut Sabang.

“Sabang merupakan titik nol Indonesia dan tugu Nol Kilometer ada disana. Selain itu, bawah laut Sabang juga sangat indah. Namun, penyelaman dalam jumlah besar harus dikaji ulang arena dikhawatirkan jika kita mendorong penyelaman dalam jumlah besar, maka potensi kerusakan lingkungan juga akan besar,” ujar Kasal mengingatkan.

Sementara itu, Dadang, Deputi Pariwisata dari Kementerian Pariwisata menegaskan bahwa pihaknya telah dan terus berkoordinasi dengan Pemkot Sabang untuk mengetahui perkembangan terkini terkait kesiapan pelaksanaan Sail Sabang 2017.

“Kami terus berkoordinasi dengan Pemerintah Aceh dan Pemkot Sabang. Bahkan BPKS sudah berkoordinasi dengan pelaku wisata di Langkawi dan Phuket. Kita berharap dari sana akan banyak wisatawan yang hadir. Kami juga sudah siapkan Yacht Rally. Setidaknya ada 11 kapal Yacth Rally yang akan hadir,” ungkap Dadang.(rel)