Home / ACEH / BKO Polda Sumut Gantikan BKO Polda Sumsel di Aceh Timur

BKO Polda Sumut Gantikan BKO Polda Sumsel di Aceh Timur

Wakapolres Aceh Timur, Kompol Carlie Syahputra Bustamam, SIK, M. Hum, saat memberikan arahan dalam apel penyambutan personel BKO Polda Sumut di Mapolres setempat, Senin, 20 Maret 2017.

KLIKKABAR.COM, ACEH TIMUR – Sebanyak 154 personel BKO Brimob Polda Sumatera Utara tiba di Polres Aceh Timur, Senin, 20 Maret 2017. Kedatangan personel tersebut untuk menggantikan BKO Brimob Polda Sumatera Selatan yang sudah berakhir masa penugasannya.

Dalam sambutan dan arahan saat apel penyambutan yang digelar di halaman Mapolres setempat pagi tadi, Wakapolres Aceh Timur Kompol Carlie Syahputra Bustamam, SIK, M. Hum, mengucapkan selamat datang di Polres Aceh Timur. Seluruh personel BKO Polda Sumut tersebut juga diharapkan bisa menyesuaikan diri di area penugasan yang baru selama satu bulan kedepan.

“Situasi dan kondisi di Aceh Timur saat ini relatif kondusif namun kita harus tetap siaga karena ada tahapan pilkada 2017 yang belum dilaksanakan yaitu penetapan Bupati dan Wakil Bupati Aceh Timur,” kata Kompol Carlie Syahputra Bustamam, SIK, M. Hum.

Sementara itu, dalam apel yang ikut dihadiri oleh para Kabag, Kasat, Kapolsek dan Komandan Brimob Poldasu itu, Wakapolres juga mengatakan bahwa kehadiran personel BKO dari provinsi tetangga tersebut sangat dibutuhkan guna membantu pihak kepolisian di Aceh Timur dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Jaga nama baik institusi Polri serta jaga soliditas agar dalam melaksanakan tugas di wilayah hukum Polres Aceh Timur bisa berjalan dengan baik dan benar,” tutup Wakapolres Aceh Timur, Kompol Carlie Syahputra Bustamam, SIK, M. Hum.

Sebanyak 154 BKO Brimob Polda Sumut dipimpin oleh Komandan Batalyon, AKBP Arke Furman Ambat, SIK, akan menempati masing-masing pos diantaranya: Polres Aceh Timur 27 personel; Kantor KIP 10 personel; Polsek Idi Rayeuk 32 personel; Polsek Banda Alam 10 personel; Polsek Julok 15 personel; Polsek Indra Makmur 10 personel; Polsek Simpang Ulim 10 personel; Polsek Pantee Bidari 10 personel; Polsek Madat 10 personel dan Polsek Serbajadi 10 personel.

Sementara, Kapolda Aceh, Irjen Pol Rio S Djambak melalui Wakapolda Aceh Brigjen Pol Bambang Soetjahyo mengatakan penundaan pekembalian beberapa personil BKO untuk membantu proses pengamanan lanjutan pasca Pilkada 2017.

“Penundaan ini atas perintah Pak Kapolri untuk mencegah dan menciptakan suasana lebih aman, agar hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi,” ucap Bambang Soetjahyo usai memimpin upacara pelepasan BKO Brimob Polri, di halaman upacara Mapolda Aceh, Senin 20 Maret 2017.

Bambang menambahkan pengamanan pasca Pilkada 2017 juga akan dilakukan oleh Personil Organik,”pengamanan pasca pilkada nantinya akan dilanjutkan oleh personil organik,” sambung Bambang.

Sementara itu, pengejaran terhadap pelaku penembakan warga di Peunaron Aceh Timur masih terus dilakukan,”masih kita lakukan pengejaran, di bantu oleh tim BKO dari Brimobda Sumut yang belum ditarik” kata Bambang.

Dia melanjutkan Personil BKO yang masih berada di Aceh akan dikembalikan sampai kondisi pasca Pilkada kondusif, “nanti sampai kondisi memungkinkan untuk kita kembalikan lagi ke kesatuan asal,” lanjutnya.

REPORTER : ZAMZAMI ALI, ATHAILLAH