Home / ACEH / Puluhan Tukik Dilepas di Pantai Kuala Cut

Puluhan Tukik Dilepas di Pantai Kuala Cut

Pelepasan tukik di Pantai Kuala Cut, Lhoknga, Aceh Besar, Sabtu sore, 18 Maret 2017. (Muhammad Fadhil/Klikkabar)

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Puluhan tukik atau penyu dilepas di Pantai Kuala Cut, Lhoknga, Aceh Besar Sabtu sore kemarin, 18 Maret 2017.

Ketua Panitia, Fahrizan Mahyiddin mengatakan, tukik tersebut hasil penangkaran yang dilakukan selama 45 hari di kawasan pantai tersebut. Sebanyak 40 ekor tukik jenis Lekang tersebut dilepas ke habitatnya, dan disaksikan turis asing dan ratusan pengunjung yang memadati kawasan itu.

“Kita buat pelepasan ini sebagai edukasi dan ngumpul keluarga pada akhir pekan,” kata pemuda yang akrab disapa Fahri ini kepada wartawan di sela-sela pelepasan.

Turis bersama warga melepas tukik di Pantai Kuala Cut, Lhoknga, Aceh Besar, Sabtu sore, 18 Maret 2017. (Muhammad Fadhil/Klikkabar)

Disebutkan Fahri, telur tukik tersebut sebelumnya dibeli dari masyarakat. Pelepasan tersebut digelar oleh pecinta alam dan peduli satwa alam. Dengan adanya pelepasan itu, Fahri berharap kesadaran masyarakat terhadap satwa langka tersebut akan meningkat.

Fahri mengatakan, dipilihnya kawasan Pantai Kuala Cut karena kawasan tersebut tidak ramai pengunjung. Ternyata, kata Fahri, pada hari pelepasan tersebut sangat luar biasa antusias masyarakat.

“Ternyata begitu kita lihat peminat konservasi penyu ini luar biasa, kita berharap masyarakat lebih sadar terhadap satwa yang langka ini agar tidak mengkonsumsi telornya lagi,” harap Fahri.

Pantauan Klikkabar.com, sebelum pelepasan dilakukan, para pengunjung nampak mengerumuni tukik yang telah dimasukkan dalam wajan yang telah diisi air. Satu per-satu tukik diambil untuk selfi atau sekedar melihatnya saja.

Nabila, siswi di salah satu SD di Banda Aceh ikut pada pelepasan tukik di Pantai Kuala Cut, Lhoknga, Aceh Besar, Sabtu sore, 18 Maret 2017. (Muhammad Fadhil/Klikkabar)

Nabila, salah seorang siswi di salah satu SD di Banda Aceh mengatakan, dirinya sangat menyukai tukik tersebut. Sebelumnya, Nabila juga pernah ikut pelepasan hewan yang sudah langka itu bersama guru di sekolahnya.

“Tukik itu jenis hewan yang lucu, sebelumnya juga pernah ikut sama guru sekolah dan teman-teman,” kata Nabila.[]

REPORTER: MUHAMMAD FADHIL