Home / ACEH / UIN Ar-Raniry Jalin Kerja Sama dengan Perpusnas RI

UIN Ar-Raniry Jalin Kerja Sama dengan Perpusnas RI

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh melalui UPT. Perpustakaan UIN Ar-Raniry melakukan penandatangan naskah kerjasama terkait peningkatan kelembagaan dalam pelayanan, pengembangan dan pembinaan perpustakaan dengan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) RI di ruang Heritage Perpusnas, Jakarta Pusat, Jum’at 17 Maret 2017.

Penandatangan naskah kerjasama ditanda tangani oleh Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Prof. Dr. H. Farid Wajdi Ibrahim, MS dan Kepala Perpusnas RI, Drs Muhammad Syarif Bando, MM. Turut disaksikan oleh Kepala UPT. Perpustakaan UIN Ar-Raniry, Drs. Khatib A. Latief, M.LIS.

Kepala Perpusnas RI, Drs Muhammad Syarif Bando,MM dalam sambutannya mengatakan berdasarkan data menunjukkan bahwa Indonesia masih dikategorikan sebagai bangsa yang rendah budaya baca.

“Kondisi ini memalukan karena jumlah penduduk di Indonesia lebih banyak dari negara tetangga. Oleh karena itu Perpustakaan Nasional berupaya untuk merubah data tersebut,”katanya seusai melakukan penandatangan kerjasama dengan UIN Ar-Raniry, Jum’at 17 Maret 2017 di ruang Heritage Perpusnas, Jakarta Pusat.

Menurutnya, untuk dapat merubah persoalan ini sesuai dengan fungsi dan kewenangan yang diberikan UU Perpustakaan No. 43 Tahun 2007 di mana Perpustakaan Nasional adalah lembaga pemerintah non departemen (LPND) yang  melaksanakan tugas pemerintahan dalam bidang perpustakaan yang berfungsi sebagai perpustakaan pembina, perpustakaan rujukan, perpustakaan deposit, perpustakaan penelitian, perpustakaan pelestarian, dan pusat jejaring perpustakaan, serta berkedudukan di ibukota negara akan membina dan mendukung perpustakaan perguruan tinggi.

“Kami fokus bekerja dengan Perguruan Tinggi karena ini akan lebih cepat merubah pola baca anak-anak. Apa yang kita lakukan hari ini sangat penting bagi perpustakaan nasional dan tentu juga bagi UIN Ar-Raniry,”katanya.

Lebih lanjut Kepala Perpustakaan Nasional mengatakan Indonesia banyak sarjana, namun tidak produktif melahirkan karya-karyanya. Dan ini salah satu tantangan bagi UIN Ar-Raniry untuk melahirkan buku-buku yang berkualitas.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Prof. Dr. H. Farid Wajdi Ibrahim, MA dalam sambutannya mengatakan UIN Ar-Raniry sekarang sedang berbenah untuk menuju World Class University.

Menurutnya, Setelah tsunami UIN mendapat hibah buku dari seluruh dunia, namun kemudian di luar kontrol kami banyak buku yang tidak terlacak.

“Saat ini kami fokus pengembangan IT dan sudah hampir mampu mengejar ketertinggalan dengan Universitas lain. Bahkan dalam beberapa hal kami sudah lebih maju seperti UIN Ar-Raniry sudah menerapkan Badan Layanan Umum (BLU) yang memungkinkan UIN mengatur sendiri biayanya. Sementara yang lain di Aceh belum ada,”katanya.

Kerjasama ini, lanjut rektor adalah bagian dari usaha kami untuk memacu penguatan mutu akademik di UIN Ar-Raniry. UIN Ar-Raniry memberikan dukungan penuh kepada Bapak Khatib sebagai Kepala Perpustakaan.

“Untuk tahun ini saya sudah alokasikan anggaran khusus untuk pengadaan koleksi Rp.500.000.000 dan 100,000.000.- untuk per Fakultas. Kedepan akan fokus pada pengembangan IT di perpustakaan yang memungkinkan perpustakaan menjadi tempat yang disenangi mahasiswa” jelasnya

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan (Woro Tuti Haryati), Kepala Pusat Jasa Perpustakaan dan Informasi (Titiek Kismiyati), Kepala Direktorat Deposit (Lucya Dhamayanti), Kepala Pusat Pengembangan Koleksi dan Pengolahan Bahan Pustaka (Ahmad Masykuri), Kepala TU (Muhammad Fajar) dan Kepala Subbidang Kerjasama,Chaerul Umam.