Home / BERITA TERBARU / Proses Naturalisasi Ezra Walian Berlanjut ke DPR

Proses Naturalisasi Ezra Walian Berlanjut ke DPR

Striker asal Belanda berdarah Indonesia, Ezra Walian (kiri), memberikan pernyataan selepas bermain dalam laga ekshibisi bersama tim Munial Sport Group di Lapangan Atang Soetrisna, Cijantung, Jakarta Timur, beberapa waktu lalu. (Juara.net)

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Upaya untuk menaturalisasi Ezra Walian terus mengalami kemajuan. Setelah mendapat persetujuan Presiden Joko Widodo, kini proses berlanjut ke DPR.

Menpora Imam Nahrawi mengatakan, pihaknya akan melakukan rapat dengar pendapat dengan Komisi X DPR terkait proses naturalisasi pada Kamis (16/3).

“Besok (hari ini, red) kami rapat dan akan dijelaskan semua. Semoga tidak ada masalah,” kata Imam soal perkembangan proses naturalisasi Ezra, di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Rabu, 15 Maret 2017.

Kendati masih ada beberapa tahapan lagi yang harus dilalui sebelum akhirnya ada surat Keputusan Presiden soal Ezra, Imam meyakini bahwa proses yang dilewati tak akan lama.

“Yang namanya naturalisasi itu kan ada mekanisme yang cukup panjang dari usulan yang bersangkutan. Jadi dari cabor ke KONI, kemudian Kemenpora, berlanjut ke Kemenkumham, baru ke Presiden,” sebut Imam.

“Setelah dari Presiden atas pertimbangan usulan ini dipindah ke DPR. Nah, sekarang ini sudah masuk DPR dan mereka memanggil saya sebagai yang bertangung jawab di bidang olahraga untuk dimintai keterangan. Tetapi saya kira, proses ini menjadi yang paling cepat dari sebelumnya. Dulu saya ingat atlet gulat prosesnya hampir dua tahun. Ini tidak sampai setahun,” jelasnya.

Cepatnya proses perpindahan warga negara ini rupanya menimbulkan spekulasi bahwa Ezra kemungkinan akan bermain dalam ujicoba timnas Indonesia melawan Myanmar pada 21 Maret mendatang. Terkait hal itu, Imam tak ikut campur.

“Saya bukan pelatih. Tetapi yang penting proses administrasi (terus) kita lakukan,” katanya.**(Detik)