Home / BERITA TERBARU / BI Akan Umumkan Suku Bunga Acuan Hari Ini

BI Akan Umumkan Suku Bunga Acuan Hari Ini

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Bank Indonesia (BI) menyelenggarakan Rapat Dewan Gubernur (RDG) pada Rabu 15 Maret 2017 dan Kamis, 16 Maret 2017 hari ini.

Dalam RDG tersebut, bank sentral akan memutuskan suku bunga acuan BI 7-day Reverse Repo Rate.

Penyelenggaraan RDG BI kali ini bersamaan dengan pertemuan bank sentral AS Federal Reserve. The Fed telah menaikkan suku bunga acuan Fed Fund Rate (FFR) sebesar 25 basis poin menjadi kisaran target 0,75 hingga 1 persen.

Lalu, bagaimana dengan suku bunga acuan BI 7-day Reverse Repo Rate?

Ekonom Samuel Sekuritas Rangga Cipta menyatakan, kenaikan FFR target lebih cepat dari perkiraan awal. Namun, ia belum melihat ini akan memberikan dampak buruk terhadap perekonomian Indonesia.

“Misalkan rupiah yang lebih lemah atau BI RR rate dan yield (imbal hasil) SUN yang lebih tinggi. Beberapa faktor seperti harapan kenaikan peringkat utang oleh S&P (Standard & Poor’s) di 2017 dan kenaikan harga minyak mentah yang sudah jenuh, memberikan kejutan positif,” kata Rangga, Kamis, 16 Maret 2017.

Sementara itu, Kepala Ekonom PT Bank Permata Tbk Josua Pardede mengungkapkan, BI cenderung bakal lebih menjaga inflasi pada tahun 2017 ini.

Dengan demikian, bank sentral diperkirakan masih akan menahan suku bunga acuan BI 7-day Reverse Repo Rate yang saat ini berada pada posisi 4,75 persen.

“Bank Indonesia diperkirakan akan mempertahankan tingkat suku bunga acuan sedemikian sehingga akan mendukung stabilitas rupiah dalam jangka pendek ini. Selain itu, suku bunga acuan BI dipertahankan untuk menjangkar inflasi pada tahun ini,” ungkap Josua.

Bank sentral diperkirakan masih akan menahan suku bunga acuan yang saat ini berada pada posisi 4,75 persen.**(Kompas)