Home / ACEH / Ini Penjelasan Belum Dibangunnya Rumah Korban Gempa Pidie Jaya

Ini Penjelasan Belum Dibangunnya Rumah Korban Gempa Pidie Jaya

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Wakil Bupati Pidie Jaya, Said Mulyadi berharap agar masyarakat Pidie Jaya untuk tetap tenang dan bersabar dalam proses rehabilitasi dan rekonstruksi Pidie Jaya pasca gempa bumi.

“Pemerintah terus berupaya melakukan yang terbaik untuk masyarakat. Saat ini proses persiapan rehab dan rekon terus berjalan,” kata Said Mulyadi. Jumat 10 Maret 2017.

Menurutnya ada isu-isu yang muncul di tengah masyarakat terkait lambatnya proses pembangunan rumah di Pidie Jaya. “Perlu diketahui oleh publik, bahwa saat ini masih dalam masa status transisi darurat bencana ke pemulihan, yang dimulai sejak 21 Desember 2016 lalu hingga 20 Maret 2017,” ujarnya.

Menurut Peraturan Pemerintah No 21 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana pengertian status transisi darurat bencana ke pemulihan adalah keadaan dimana penanganan darurat bersifat sementara/permanen (berdasarkan kajian 6 teknis dari instansi yang berwenang) dengan tujuan agar sarana prasarana vital serta kegiatan sosial ekonomi masyarakat segera berfungsi, yang dilakukan sejak berlangsungnya tanggap darurat sampai dengan tahap rehabilitasi dan rekonstruksi nantinya.

Sedangkan untuk proses pembangunan rumah-rumah yang hancur akan kita bangun usai status transisi ini berakhir. “Sekarang kita sedang mempersiapkan validasi data akhir untuk semua rumah yang akan dibangun, agar tidak ada rumah yang rusak yang tidak didata,” lanjut Said Mulyadi.

Ia berharap agar masyarakat Pidie Jaya untuk menyerahkan sepenuhnya kepada pemerintah. “Kita juga meminta kerjasama yang baik dari masyarakat untuk proses validasi data kedepan. Kita telah mengusahakan semaksimal mungkin, komunikasi dan koordinasi dengan pemerintah pusat dan Aceh juga terus kita lalukan untuk mempercepat pembangunan,” sebutnya.