Home / BERITA TERBARU / Jangan Terlambat Membiasakan Anak untuk Menggunakan Sepatu

Jangan Terlambat Membiasakan Anak untuk Menggunakan Sepatu

KLIKKABAR.COM – BAGI sebagian besar orangtua, memiliki anak dan memberi mereka kebebasan dalam beraktifas tentu menjadi hal yang lazim dilakukan. Setiap orangtua menginginkan anak-anak mereka bisa bebas berkreasi dan juga mengoptimalkan kemampuan dalam berbagai kegiatan, mungkin anda adalah salah satunya.

Anak yang sedang aktif-aktifnya dalam melakukan berbagai kegiatan, hal ini seringkali menjadi sebuah kesenangan tersendiri bagi anda. Anda selalu membiarkan mereka memiliki berbagai kegiatan dan aktifitas lainnya yang menarik minat mereka, bahkan sejak mereka masih berusia sangat kecil. Dalam masa-masa belajar berjalan, ada banyak orangtua yang membiarkan anaknya untuk lebih bebas dan menikmati proses tersebut dengan selalu bertelanjang kaki (tidak menggunakan sepatu).

Hal ini pada awalnya tentu bukanlah sebuah masalah yang patut dikhawatirkan, sebab anak-anak memang pada umumnya lebih menyukai proses belajar tersebut dengan kaki telanjang. Namun jika anda terlalu lama membiarkan anak berjalan tanpa menggunakan sepatu, maka hal tersebut justru bisa menjadi sebuah kebiasaan yang sulit untuk mereka lupakan. Jika begini, maka bisa dipastikan anda akan kesulitan untuk mengajarkan anak untuk biasa menggunakan sepatu ketika beraktifitas.

Baca juga: Meskipun Anak Bupati, Wanita Ini Tetap Berjualan Angkringan

Saat anak telah sulit untuk diajarkan menggunakan sepatu, maka seringkali mereka akan meolak dan bahkan membuka sepatu tersebut jika anda pasangkan pada kedua kakinya. Hal ini tentu cukup merepotkan, terutama bagi anak yang telah cukup besar dan terbiasa beraktifitas di luar rumah. Bayangkan bagaimana buruknya jika anak selalu bermain di luar rumah tanpa menggunakan sepatu, hal ini tentu bisa melukai kaki atau bahkan membuat mereka mengalami cedera yang cukup parah, bukan?

Menggunakan sepatu pada anak sejak mereka masih kecil adalah sebuah pilihan yang jauh lebih tepat, tentunya anda harus memilih dan menggunakan jenis sepatu yang terbaik bagi anak tersebut. Pilih dan gunakan jenis sepatu safety yang berbahan lembut dan lentur, sehingga anak akan merasa nyaman dan suka ketika menggunakannya. Selalu pertimbangkan untuk memilih bahan sepatu yang aman dan tiak akan membuat anak cedera atau mengalami lecet pada bagian kakinya, terutama pada bagian tumit kaki. Saat ini harga sepatu safety yang beredar di pasaran, jauh lebih terjangkau dan masuk akal, sehingga anda bisa memilih sepatu yang paling tepat dengan harga yang cukup kompetitif.

Jangan membiasakan anak untuk tidak menggunakan sepatu dalam kurun waktu yang cukup lama, sehingga mereka kemudian akan sulit ketika diajarkan atau dibiasakan untuk mulai menggunakannya, terutama pada tahap-tahap awal. Harga sepatu safety tentu tidak selalu menjadi ukuran ketika anda akan membeli sepasang sepatu bagi si kecil, sebab bisa saja anda menemukan sepasang sepatu safety dengan sejumlah harga yang terbilang cukup murah dan terjangkau, bahkan jauh dari perkiraan anda selama ini.

Hal ini tentu bisa anda temukan, jika anda memiliki kemampuan dan juga kejelian dalam memilih jenis sepatu yang paling tepat bagi anak anda. Akan sangat baik juga jika anda membawa serta si kecil ketika akan membelikannya sepasang sepatu, dengan begitu anda akan bisa mencoba sepatu tersebut di kaki si kecil dan melihat bagaimana ketika dipakai olehnya. Anda juga bisa menyuruh si kecil untuk berjalan dengan menggunakan sepatu tersebut, agar anda bisa melihat dengan jelas, apakah si kecil nyaman atau tidak ketika mengenakan sepasang sepatu safety yang akan anda belikan.