Home / BERITA TERBARU / KPU: Jangan Terpengaruh Quick Count Tunggu Hasil Resmi KPU

KPU: Jangan Terpengaruh Quick Count Tunggu Hasil Resmi KPU

Ketua KPU Juri Ardiantoro (Foto: Baban Gandapurnama/detikcom)

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Ketua Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesi (KPU RI), Juri Ardiantoro menghimbau masyarakat agar tidak terpengaruh dengan quick count. Tetap tunggu hasil real count dari KPU.

“Quik count itu tadi saya udah sampaikan merupakan gambaran awal orang untuk mengetahui gambaran hasil pilkada atau pemilu. Mereka punya metodologi ilmiah yang bisa dipertanggungjawabkan. Tapi yang juga penting diketahui masyarakat adalah, hasilnya nanti saja,” ujarnya saat ditemui di kantor KPU RI, Jalan Imam Bojol, Jakarta Pusat, Rabu, 15 Februari 2017.

“Saya mau beritahu masyarakat bahwa hasil pastinya nanti saja tunggu real count KPU yang menetapkan dan waktunya sudah di tetapkan,” tambahnya.

Menurut Juri, semua calon dan pendukung pasti ingin menang. Namun bagi calon yang tidak menang mereka bisa melampiaskan dengan berbagai cara.

“Semua calon dan pendukung pengen menang. Kalau ada yang menunjukkan calon enggak menang kekecewaan itu bisa dilampiaskan dengan berbagai bentuk,” imbuhnya.

Dia mengimbau untuk semua paslon dan semua pendukung paslon harus paham bahwa pemenangnya hanya ada satu. Mereka harus siap menerima hasilnya.

“Tentu imbauan kita semua adalah semua kontestan dan semua orang udah paham pilkada itu pasti pemenangnya satu. Calon kemungkinannya ada dua menang atau kalah. Jadi kalau kalah ya harus siap terima,” ujarnya.

Bagi lembaga survei Juri mengatakan untuk mengumumkan hasil yang benar. Karena jika tidak maka akan ada sanksi etika yang diterima.

“Mereka harus mengetahui persyaratannya, sehingga kalau ada pelanggaran atau penyelewengan yang tak bisa dipertanggungjawabkan mereka bisa diadili. Sampai sejauh ini masih sanksi etika tidak pidana,” tutupnya.**(Detik)