Home / BERITA TERBARU / Kaji Laut Dua Warna, ini yang Ditemukan Peneliti

Kaji Laut Dua Warna, ini yang Ditemukan Peneliti

Banyak kajian yang berupaya mengungkap Laut Dua Warna. Pertama kali muncul jawaban itu di lembaran buku-buku ilmiah pada 1942 M/1361 H.

Studi yang mendalam tentang karakteristik lautan menyingkap adanya lapisan-lapisan air pembatas yang memisahkan antara lautan-lautan yang berbeda-beda. Dan, berfungsi memelihara karakteristik khas setiap lautan dalam hal kadar berat jenis, kadar garam, biota laut, suhu, dan kemampuan melarutkan oksigen.

Setelah tahun 1962, diketahui fungsi batas-batas laut tersebut dalam ‘mengolah’ aliran air laut yang menyeberang dari satu laut ke laut yang lain. Sehingga, laut yang satu tidak melampaui laut yang lain. Dengan demikian, lautan-lautan tersebut tidak bercampur aduk karena setiap lautan menjaga karakteristiknya masing-masing dan batas-batas wilayahnya karena adanya pembatas-pembatas tersebut.

Menurut William Hay, air Laut Tengah Mediterania terasa hangat dan berkadar garam tinggi, sedangkan air dari Samudra Atlantik lebih dingin dan memiliki kadar garam lebih rendah. Dan, batasan antara kedua air laut ini, juga berbeda dengan air di Teluk Oman dan air di Teluk Persia, baik dari segi kimiawi maupun ekosistem yang ada di antara keduanya.

Muhammad Ibrahim As Sumaih, guru besar pada fakultas sains, jurusan ilmu kelautan Universitas Qatar, dalam penelitian yang dilakukan di Teluk Oman dan Persia (1984-1988), menemukan perbedaan terperinci dengan angka-angka dan gambar-gambar pada kedua teluk tersebut.

Sifat lautan yang saling bertemu, akan tetapi tidak bercampur satu sama lain ini telah ditemukan oleh para ahli kelautan baru-baru ini. Karena gaya fisika yang dinamakan ‘tegangan permukaan’, air dari laut-laut yang saling bersebelahan tidak menyatu.

Akibat adanya perbedaan masa jenis, tegangan permukaan mencegah lautan bercampur satu sama lain, seolah terdapat dinding tipis yang memisahkan mereka. (Davis, Richard A. Jr, 1972, Principles of Oceanography, Don Mills, Ontario, Addison-Wesley Publishing, 92-93). (rol)