Home / ACEH / Zakaria Saman: Loen Mantan Kombatan Gam, Peng 600 Milyar Hoe Neuba

Zakaria Saman: Loen Mantan Kombatan Gam, Peng 600 Milyar Hoe Neuba

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH- Pasangan calon Gubernur Aceh nomor urut 2 Zakaria Saman T- Alaidinsyah dalam debat kandidat mempertanyakan keberadaan dan pembagian dana sebesar Rp.600 M bagi eks kombamtan Gam, pertanyaan tersebut dilontarkan kepada Pasangan nomor urut 4 Zaini Abdullah-Nasaruddin.

Menurut Zakaria Saman, dana sebesar tersebut dirinya tidak pernah menerimanya,padahal Apakaria merupakan menteri pertahanan Gam jika dilihat dalam struktur organisasi Gerakan Aceh Merdeka, namun meski posisi sebesar itu, dirinya mengakui tidak pernah menerima dana tersebut yang sejatinya diperuntukkan kepada Eks Gam guna sebagai modal baik dari segi pertanian dan perikanan serta sektor lainnya.

“Saya kombatan Gam, saya dengar pak gubernur Zaini Abdullah kasih uang ke kombatan Gam, tapi saya tidak mendapatkannya, dimana uang tersebut dan sama siapa anda kasih,” celutuk Zakaria dengan bahasa Indonesia khas Apakaria yang disambut hangat para penonton.

“Lon deunge droe neuh na neu jok peng keu anggota kombatan Gam 600 Miliar, jadi, lon neuk tanyeng peng 600 Miliar nyan pat neu puduk, karena lon hana meureumpek peng nyan, (saya sendiri anggota Eks Kombantan, tapi saya tidak pernah menerima uang tersebut yang berjumlah 600 Milyar, kemana uang tersebut-red),” lanjut Apa.

Menanggapi hal tersebut, Zaini Abdullah pasangan nomor urut 4 menjelaskan, jika dana sebersar itu telah dilimpahkan dan dipercayakan kepada pihak Kejati Aceh guna diusut secara tuntas lantaran sudah tidak jelas peruntukannya dalam perjalan anggaran.

“Persoalan dana untuk eks GAM sebesar 650 M Telah diserahkan kepada pengelola yaitu kombatan Gam, dana tersebut digunakan untuk peternakan sapi, perikan dll, dalam perjalan, ternyata tidak jelas peruntukannya, oleh karena itu kami ambil kesimpulan melimpahkan ke jaksa untuk diproses agar dana tersebut jelas keberadaannya,” demikian Zaini Abdullah.