Home / ACEH / Agar Pengesahan APBA Tidak Molor, Begini yang Akan Dilakukan Calon Gubernur Aceh 2017-2022

Agar Pengesahan APBA Tidak Molor, Begini yang Akan Dilakukan Calon Gubernur Aceh 2017-2022

Pasangan kandidat calon gubenur/wakil gubenur Aceh saat berada diatas pangung debat terbuka tahap kedua yang berlangsung di Amel Convention, Banda Aceh, Rabu malam, 11 Januari 2017.

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Pengesahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA) yang setiap tahunnya molor menjadi perhatian serius dalam debat kandidat Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh periode 2017-2022.

Dalam debat tahap ke dua yang berlangsung di Gedung Amel Convention Hall, Banda Aceh, Rabu malam 11 Januari 2017, para kandidat calon Gubernur Aceh ditantang untuk mengungkapkan secara kongkrit solusi agar APBA dapat disahkan tepat waktu jika nantinya menjadi Gubernur Aceh.

Pemandu acara, dengan pertanyaan yang sudah dipersiapkan mencoba menggiring para kandidat Gubernur Aceh agar tertantang menyelesaikan pengesahan APBA tepat waktu, karena keterlamabatan pengesahan APBA akan mengurangi daya serap anggaran yang impilikasinya akan berpengaruh terhadap pembangunan pelayanan publik.

Panelis pun mengajukan pertanyaan satu demi satu kepada kandidat calon Gubernur/Wakil Gubernur Aceh 2017-2022, perihal langkah kongkrit yang akan dilakukan perihal pengesahan APBA yang selalu molor.

Dalam kesempatan ini, kandidat Cagub/Cawagub Aceh nomor urut 1, Tarmizi Karim mengungkapkan bahwa persoalan pengesahaan APBA yang berlarut-larut karena faktor yang tidak harmonis antara Eksekutif dan Legislatif.

Menurutnya pihak Legislatif juga punya wewenang dalam mengelola dana aspirasi untuk kepentingan masyarakat Aceh. “Oleh sebab itu langkah yang akan kita tempuh adalah membangun komunikasi yang baik dengan DPR Aceh. Eksekutif dan Legislatif harus merembuk dulu. Kami akan menjalin kerjasama dengan DPRA agar kebutuhan kedua pihak tercapai sehingga pelayanan terhadap masyarakat bisa lebih optimal,” jelas Tarmzi Karim.

Abdullah Puteh mengungkapkan akan mendorong semangat bermusyawarah dengan pihak DPR agar pengesahan APBA tepat waktu. “Kita sudah punya visi misi, kuncinya adalah musyawarah dan perencanaan yang matang,” ungkapnya.

Sementara Zaini Abdullah menjelaskan langkah yang akan ditempuh kedepan agar pengesahan APBA tidak molor lagi adalah membuka ruang kompromi antara Eksekutif dan Legislatif. []