Home / ACEH / Nasir Djamil: Aceh Harus Kompak Hadapi KEK Arun Lhokseumawe

Nasir Djamil: Aceh Harus Kompak Hadapi KEK Arun Lhokseumawe

Anggota DPR RI asal Aceh, Nasir Djami. (Foto: Maksalmina/Klikkabar)

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Anggota DPR RI asal Aceh, Nasir Djamil meminta Pemerintah Pusat untuk serius membantu mempercepat realisasi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Arun Lhokseumawe. Dalam kesempatan ini ia juga meminta pusat agar tidak mengajukan syarat-syarat yang sulit untuk ditempuh.

“Arun adalah milik orang Aceh dan harus digunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat Aceh,” tegas Nasir Djamil pada kegiatan ilmiah round table discussion yang diadakan Pusat Studi Ilmu Pemerintahan (PSIP) Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh di Balai Senat Biro Rektor kampus setempat, Senin 9 Januari 2017.

Katanya, kalau Pemerintah Pusat punya niat baik untuk membantu dan ingin memberdayakan daerah maka harus segera membantu dan menyelesaikan syarat-syarat.

“Memang secara administrasi Arun Lhokseumawe juga milik Pemerintah Pusat, namun secara hakiki Arun berada dibumi Aceh dan menjadi hak milik orang Aceh secara mutlak,” ungkap politisi PKS ini.

“Kalau ingin membantu syarat yang diajukan juga harus membantu dong,” tegasnya lagi.

Sebaiknya, lanjut Nasir Djamil, Pemerintah Pusat sebagai pengusul dan menjadikan Provinsi Aceh sebagai koordinator inti daripada pengelolaan ini, bukan berada dihilir tapi harus berada di hulu.

“Saya kurang setuju kalau ada orang yang mengatakan mana cepat manfaat dan sebagainya, karena ini soal bagaimana kemampuan kita dan tentunya kita harus kompak baik secara intelektual, kapasitas dan kolektifitas orang Aceh dalam menghadapi KEK Arun Lhokseumawe,” pungkas Nasir Djamil menanggapi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Arun Lhokseumawe.

REPORTER: MAKSALMINA