Home / ACEH / Kesiapan Pengamanan Dibahas Jelang Debat Kandidat

Kesiapan Pengamanan Dibahas Jelang Debat Kandidat

@MC KIP Aceh

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh menggelar rapat koordinasi dengan pihak kepolisian dan TNI pada Senin, 9 Januari 2017 di Aula KIP Aceh. Rapat itu juga diikuti oleh Panwaslih Aceh, perwakilan hak siar, perwakilan Kejati, dan tim sukses enam pasang calon.

Rapat membahas seputar kesiapan kepolisian dalam pengamanan dan kesiapan logistik debat kandidat kedua yang diselenggarakan di Amel Convention, Banda Aceh, pada Rabu, 11 Januari 2016 malam. Debat itu akan disiarkan secara langsung oleh salah satu televisi nasional secara lokal.

Dalam kesempatan itu, Karo Ops Polda Aceh, Kombes Pol Guntur Widodo menyebutkan, personil pengamanan yang ditempatkan pada ring satu atau lokasi debat sebanyak 71 orang, pada ring dua atau pelataran Gedung Amel Convention sebanyak 97 personil pengamanan, dan pada ring tiga atau parkiran dan jalan depan gedung sebanyak 80 personil.

Ia juga memberikan rekomendasi kepada KIP Aceh untuk membuat tanda pengenal atau ID card kepada undangan dan massa pendukung yang diperbolehkan masuk ke ruang debat. Hal itu untuk mempermudah aparat keamanan dalam menjaga lokasi debat.

“Polri tetap menjunjung tinggi netralitas dan profesionalitas dalam sukseskan Pilkada 2017 ini,” kata Guntur.

Ia juga menyarankan kepada televisi yang menyiarkan secara langsung untuk berkoordinasi dengan pihak PLN sebagai antisipasi saat debat nanti tidak mati lampu.

Ketua KIP Aceh, Ridwan Hadi mengingatkan kepada tim sukses pasangan calon untuk tidak membawa atribut kampanye ke dalam lokasi debat kandidat. Untuk pendukung calon di lokasi debat, KIP Aceh akan memberikan atribut Pilkada damai.

“Debat kandidat kedua ini juga disepakati untuk direlay, tapi syaratnya tidak ada yang dipotong dari debat tersebut. Kalau ada yang dipotong, akan sepenuhnya menjadi tanggung jawab televisi bersangkutan.(MC KIP Aceh)