Home / ACEH / Unsyiah Kampus Terbaik Nomor Empat di Indonesia, Setelah ITB, UI dan UGM

Unsyiah Kampus Terbaik Nomor Empat di Indonesia, Setelah ITB, UI dan UGM

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Salah satu kampus kebanggaan masyarakat Aceh, Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) kembali menorehkan prestasinya. Kali ini berdasarkan survei yang dilakukan oleh The Scimago Institutions Rankings (SIR), Unsyiah menjadi kampus terbaik nomor empat di Indonesia atau ranking 661 di dunia.

Peringkat pertama diduduki oleh Intitut Teknologi Bandung (ITB), peringkat kedua Universitas Indonesia (UI), ketiga Universitas Gajah Mada (UGM) dan peringkat empat Unsyiah.

Sedangkah di bawah Unsyiah atau peringkat lima diperoleh oleh Universitas Hansanuddin (Unhas), keenam Universitas Padjajaran, ketujuh Universitas Brawijaya, kedelapan Universitas Bina Nusantara (Binus) dan kesembilan Intitut Pertanian Bogor (IPB).

The Scimago Institutions Rankings (SIR) adalah pemeringkatan perguruan tinggi/Institusi penelitian di dunia dengan menggunakan tiga indikator, pertama faktor penelitian, sumber data scopus (50%). Kedua, faktor Hasil Inovasi, sumber data hasil paten (30%) dan ketiga, faktor dampak sosial, sumber data media web masing-masing PT (20%).

Rektor Unsyiah Prof Dr Samsul Rizal, M.Eng kepada Klikkabar.com mengatakan, turut berbangga dan bersyukur dengan hasil yang didapatkan oleh Unsyiah ini.

Menurutnya, dengan perolehan ini Unsyiah berarti telah diakui oleh nasional dan juga dunia internasional. Selama ini ia mengatakan Unsyiah terus berbenah untuk menjadi kampus terbaik.

Rektor Unsyiah, Prof Dr Samsul Rizal

“Kita terus berupaya melakukan berbagai pembenahan untuk menciptakan generasi-generasi terbaik dan memberikan kontribusi bagi pembangunan negeri,” kata Rektor Unsyiah. Sabtu 7 Januari 2016.

Ia menambahkan, selama ini Unsyiah terus memberikan support untuk para peneliti agar dapat berkarya. kedepan para dosen di Unsyiah diminta untuk menghasilkan minimal satu karya setiap tahunnya. “Satu dosen satu karya, baik itu hasil penelitian maupun alat-alat baru,” imbuhnya.

Ia berpesan kepada seluruh mahasiswa dan juga para dosen agar terus menciptakan karya-karyanya untuk kemajuan dan perubahan negeri.