Home / ACEH / Waspada..! Jangan Makan Lontong yang Dibuat Pakai ini

Waspada..! Jangan Makan Lontong yang Dibuat Pakai ini

KLIKKABAR.COM – Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Padang mengimbau masyarakat untuk menghindari makanan yang dibungkus plastik dalam keadaan suhu panas. Salah satu yang saat ini banyak dilakukan adalah memasak lontong yang dibungkus dengan plastik.

Kepala Seksi Layanan Informasi Konsumen Balai Besar POM Yon Firman di Padang menjelaskan lontong plastik mengandung zat kimia polimer. Polimer ini, katanya menambahkan, dapat masuk dalam tubuh manusia dikarenakan berbentuk larut, sehingga kalau terjadi akumulasi dalam tubuh dapat mengakibatkan kanker.

“Sehingga kami meminta penjual lontong menggunakan selongsong ketupat untuk menghindari zat berbahaya bagi tubuh, ” katanya.

Makanan yang memiliki kandungan polimer dapat mengakibatkan anak – anak terganggu reproduksinya, kesuburan alami penurunan serta dapat mengakibatkan kemandulan.

untuk ibu-ibu yang tengah hamil dapat mengganggu ke janin lewat plasenta yang beresiko periode panjang menyebabkan sepeti kelelahan, susah tidur serta anemia (kurang darah).

“Kami telah ada sosialisasi pada orang-orang tidak untuk menggunakan lagi bahan plastik untuk membungkus lontong. Beberapa besar pedagang penjual lontong telah ada yang tahu namun juga yang belum tahu dengan bahayanya lontong plastik,” kata dia.

Manfaat menghindar pedagang memakai plastik untuk membungkus lontong, pihaknya sudah lakukan sosialisasi. “Kami akan bertindak tegas ke pedagang yang masihlah menggunakan plastik untuk memasak lontong,” katanya.

Seseorang penjual lontong di Pasar Siteba, Enon (46) mengatakan dianya umum memakai selongsong ketupat untuk memasak lontong. “Lantaran lebih enak,” katanya.

Dianya mengatakan terima kasih pada Balai Besar POM Padang lantaran sudah memberikannya pemahaman bakal efek memasak lontong dengan membungkus memakai plastik. (rol)