Home / BERITA TERBARU / Kementerian Kominfo Kembali Blokir 11 Situs Web

Kementerian Kominfo Kembali Blokir 11 Situs Web

Ilustrasi pemblokiran situs web.

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) kembali melakukan pemblokiran terhadap sebelas (11) situs web, yang disebut menyebarkan konten ilegal menurut UU ITE.

Berdasarkan tangkapan layar dan informasi yang beredar di Twitter dan Facebook, sebelas situs web yang dimaksud adalah voa-islam.com; nahimunkar.com; kiblat.net; bisyarah.com; dakwahtangerang.com; islampos.com; suaranews.com; izzamedia.com; gensyiah.com; muqawamah.com (terindikasi phising); dan abuzubair.net (terindikasi malware).

Daftar situs web yang kembali diblokir. | Liputan6.com

Hal ini memicu respons warganet pada Minggu 1 Januari 2017. Di Twitter, misalnya, tagar #StopBlokirMediaIslam sempat menjadi trending topic.

Menurut pantauan yang dilakukan Tekno Liputan6.com di Trends Map, tagar tersebut menggema di kota-kota di Indonesia utamanya di pulau Sumatera dan Jawa, juga di Kalimantan dan Sulawesi. Diperkirakan ada sekitar lima puluh ribu tweets dengan tagar tersebut.

 

Sebelumnya Kemkominfo juga sempat menempuh langkah pemblokiran terhadap 11 situs yang disebut bermuatan SARA pada awal November lalu. “Benar, kami telah meminta ISP untuk memblokir situs tersebut,” ujar Noor kepada Tekno Liputan6.com pada Kamis 3 November 2016 di Jakarta.

 

Kemudian selanjutnya pada awal Desember 2016, Habibrizieq.com juga diblokir dengan alasan meresahkan masyarakat. “Ini bukan karena Habib Rizieq-nya, tapi karena kontennya. Konten-konten yang ada di portal itu berpotensi menimbulkan keresahan di masyarakat,” demikian ungkap Noor kepada Tekno Liputan6.com, pada Kamis 1 Desember 2016. []