Home / ACEH / Labelisasi Halal Sebagai Penjamin Wisatawan ke Aceh

Labelisasi Halal Sebagai Penjamin Wisatawan ke Aceh

@Maksalmina/Klikkabar

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Aceh merupakan salah satu daerah yang menerapkan pariwisata halal. Pariwisata juga dikenal dalam Islam.

Dikenal dengan rihlah yaitu aktifitas perjalanan dari suatitempat ke tempat yang lain. Para ulama menyebutkan wisata adalah bagian dari kebutuhan jasmani dan rohani manusia yang terbimbing ke arah yang baik dan benar.

Dalam Islam rihlah dikategorikan ke dalam beberapa kategori yaitu rihlal ijarah yakni wisata bisnis yang mencari barang produksi suatu tempat untuk dijual di tempat lain. Selanjutnya rihlah ilmiah yaitu wisata ilmiah yang mencari ilmu pengetahuan penelitian atau study banding.

Kemudian rihlah dakwah yaitu wisata penyebaran agama, kepergian mereka semata-mata hanya untuk dakwah bukan kepentingan lainnya. Terakhir dikenal rihlal diplomasiyah yaitu wisata kenegaraan atau diploma, perjalanan seseorangan dalam tugas kenegaraan. Terkait pariwsiata halal juga tertera dalam UUD No 10 tahun 2009 tentang kepariwisataan

Direktur Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan, Kosmetik, dan Makanan (LPPOM) MPU Aceh, Drh. Fakhrurrazi MP menyebutkan bahwa sudah saatnya pemerintah beserta seluruh stakeholder yang ada secara bersama membangun industri pariwisata di Aceh melalui konsep pengembangan pariwisata yang diarahkan pada pariwisata alternatif yang berorientasi pada pengambangan masyarakat.

“Terutama di daerah pedesaan (rural Community Development),” ujarnya. Kamis 22 Desember 2016.

Kemudian pariwisata eko (eco-tourism) dalam bentuk pengembangan pariwisata berwawasan lingkungan (environmental based Tourism Development), pariwisata yang bertanggung jawab dan berkesinambungan (responsible and sustainable Tourism Development) dan pariwisata spiritual atau agama.

Kriteria wisata halal yaitu harus tersedianya pilihan jasa makanan yang bersetifikat halal yaitu untuk memberikan kehalalan suatu produk baik makanan, obat dan kosmetik sehingga dapat menentramkan batin yang menggunakannya

“Aceh semakin hari semakin banyak dikunjungi wisatawan luar, sehingga salah satu penjamin mereka yaitu adanya labelisasi halal,” demikian Drh. Fakhrurrazi, MP.[]

REPORTER: MAKSALMINA