Home / ACEH / Palang Merah China Bantu Korban Gempa Pidie Jaya

Palang Merah China Bantu Korban Gempa Pidie Jaya

Plt Ketua Umum PMI Ginandjar Kartasasmita.

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Palang Merah China memberikan bantuan dana tunai kepada Palang Merah Indonesoa untuk membantu korban gempa di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh. Bantuan sebesar 100 ribu dolar AS tersebut diberikan oleh Duta Besar China Xie Feng kepada Ketua Umum PMI Ginandjar Kartasasmita di Jakarta, Selasa 13 Desember 2016..

“Kami turut berbelasungkawa atas kejadian teraebut, dana bantuan ini dapat digunakan untuk keperluan apa saja termasuk rekonstruksi pasca-gempa di daerah tersebut,” kata Xie Feng seperti dilansir Antara.

Dia mengatakan masih ada bantuan sebesar satu juta dolar AS lagi untuk korban gempa di Pidie yang akan disalurkan melalui pemerintah Indonesia. “Untuk bantuan awal, kami menyalurkan lewat PMI karena mereka bergerak cepat ke daerah bencana sehingga bantuan dapat segera tersalurkan,” kata Xie Feng.

Sementara itu Ginandjar mengucapkan terima kasih atas bantuan tersebut, menurut dia bantuan tersebut diprioritaskan untuk pengadaan air bersih.

“Kalau sedang bencana, ketersediaan air bersih menjadi sulit, PMI sudah mendatangkan 10 tank air bersih dari daerah sekitar Aceh, dan akan ada 5 tank lagi yang sedang dibawa ke sana,” kata dia.

Selain itu, obat-obatan juga menjadi hal yang dibutuhkan para pengungsi. Selain China, PMI juga telah menerima bantuan dari berbagai negara seperti Australia dan Malaysia yang dikumpulkan oleh Palang Merah Internasional. []