Home / ACEH / Kepala Daerah se-Indonesia Disuguhi Martabak dan Kopi Saat Kumpul di Aceh

Kepala Daerah se-Indonesia Disuguhi Martabak dan Kopi Saat Kumpul di Aceh

Jamuan martabak bagi para wali kota dan bupati di Banda Aceh, Rabu, 23 November 2016. (Foto: Agus Setyadi-detikcom)

Jamuan martabak bagi para wali kota dan bupati di Banda Aceh, Rabu, 23 November 2016. (Foto: Agus Setyadi-detikcom)

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Sebanyak 26 wali kota dan bupati anggota Aliansi Kabupaten/Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI) se-Indonesia dijamu makan malam di Balai Kota Banda Aceh. Mereka juga disuguhi martabak telur, mie Aceh dan kopi.

Jamuan makan malam yang digelar Pemerintah Kota Banda Aceh ini berlangsung di halaman balai kota, Rabu, 23 November 2016 malam. Sebuah tenda besar didirikan. Sejumlah menu makanan khas Aceh disediakan.

Disuguhkan juga mie Aceh, kopi dan martabak telor khas Tanah Rencong. Rombongan peserta yang hadir mencoba menikmati kopi atau makanan yang disediakan di sana.

Plt Wali Kota Banda Aceh Hasanuddin Ishak, mengatakan, Aceh terkenal dengan sejumlah kuliner yang khas. Sehingga jika berkunjung ke Tanah Rencong tidak lengkap rasanya jika belum mencoba menyantap mie Aceh, ayam tangkap, timphan, eungkot kayee (ikan kayu), tak ketinggalan martabak telor.

“Jangan lupa pula untuk singgah di salah satu warung kopi dan menikmati kopi Aceh,” kata Hasanuddin dalam sambutannya.

Dia juga berharap wali kota dan bupati atau wakil bupati yang datang ke Aceh agar menyempatkan waktu untuk meng-eksplor kota tua. Ada banyak tempat yang dapat dikunjungi.

Di antaranya situs peninggalan bencana tsunami seperti Museum Tsunami, Kapal PLTD Apung, dan kapal di atas rumah.

Ada pula Museum Aceh, gedung Juang, Masjid Raya Baiturrahman yang saat ini dalam proses renovasi, Kherkoff serta Taman Putro Phang.

“Kami berharap, selain dapat mengikuti rangkaian kegiatan Rakernas dan CSS (City Sanitation Summit), bapak dan ibu sekalian dapat pula meluangkan waktu menikmati keindahan dan keunikan Kota Banda Aceh,” tutur Hasanuddin.

Para wali kota dan bupati atau wakil bupati berkumpul di Banda Aceh untuk mengikuti kegiatan City Sanitation Summit (CSS) ke-XVI. Rangkaian acara berlangsung selama beberapa hari ke depan. Pembukaan kegiatan digelar pada Kamis, 24 November 2016 di Gedung AAC Dayan Dawood Darussalam, Banda Aceh.

Ada 46 wali kota dan bupati dan wakil bupati yang dipastikan hadir besok. Kegiatan ini rencananya dibuka oleh Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani.**(Detik)