Home / ACEH / Wakil Ketua KPK Isi Kuliah Umum di UIN Ar-Raniry

Wakil Ketua KPK Isi Kuliah Umum di UIN Ar-Raniry

kpk

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Dalam menciptakan zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK), Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry mengundang Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Laode Muhammad Syarif, Ph.D untuk menyampaikan kuliah umum seputar pemberantasan korupsi, Senin 7 November 2016.

Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Dr Farid Wajdi Ibrahim, MA mengatakan, acara ini dibuat dalam rangka penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) kampus tentang hal-hal yang menyangkut dengan integritas, terutama untuk menghindari sisi-sisi yang mengarah kepada penyalahgunaan kewenangan, sesuai tupoksi masing-masing.

“Disamping itu, hal ini juga bagian daripada upaya pihak kampus untuk menggalakkan pembangunan zona integritas kampus menujus wilayah bebas korupsi,” ujar Rektor UIN didampingI Wakil Rektor I Dr Muhibbuttabary.

Sementara itu, Laode Muhammad Syarif saat menyampaikan kuliah umum mengatakan, Universitas harus menjadi pusat penelitian inovasi-inovasi anti korupsi oleh sebab universitas diisi oleh orang-orang baik dan memiliki integritas.

“Maka dosen harus menulis jurnal-jurnal anti korupsi. Srategi pencegahan dan pemberantasan korupsi secara terus menerus,” ujar Laode.

Laode juga menegaskan, saat ini di Indonesia terdapat gap yang sangat jauh antara orang miskin dan orang kaya. Orang kaya terus kaya, orang miskin terus miskin dimana hal terjadi karena tidak adanya pemerataan pembangunan. Oleh sebab itu, kata Laode, gap ini harus diupayakan untuk dhilangkan.

Dalam acara yang dihadiri oleh seratusan akademisi dan mahasiswa UIN Ar-Raniry ini, para peserta yang hadir juga turut menanyakan berbagai pekembangan aktual agenda pemberantasan korupsi di Indonesia. Selain isu-isu kampus, para peserta bertanya mulai dari seputar dugaan korupsi sumber waras di Jakarta dan ujian nyali keberanian KPK untuk mengusutnya, sampai kasus BLBI yang belum jelas penyelesaiannya sampai saat ini.

Selain dihadiri oleh Rektor, acara ini juga dihadiri oleh para wakil rektor seperti Dr Muhibbuttabary, Prof. Dr Syamsul Rijal dan Dr Lutfi Aunie. Juga dihadiri oleh para Dekan dan wakil dekan berbagai fakultas di UIN serta para mahasiswa. [Rel/Teuku Zulkhairi]