Home / ACEH / Harapan KontraS terhadap Komisioner KKR

Harapan KontraS terhadap Komisioner KKR

Koordinator Kontras Aceh, Hendra Saputra (Foto: Klikkabar.com)

Koordinator Kontras Aceh, Hendra Saputra (Foto: Klikkabar.com)

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) Aceh, Hendra Saputra menyakini bahwa tujuh anggota komisioner Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi (KKR) Aceh yang telah disahkan DPR Aceh mampu menyelesaikan tugasnya dengan baik dalam mengungkapkan kebenaran dan pelanggaran HAM di Aceh pada masa konflik.

Hal tersebut dikatakan Hendra saat diwawancarai wartawan di Gedung Utama DPR Aceh, Banda Aceh, Senin, 10 Oktober 2016.

“Kita yakin tujuh orang yang telah ditetapkan DPR Aceh ini mampu bekerja dengan baik, dapat dilihat dari riwayat mereka sebelumnya,” kata Hendra.

(Baca: DPRA Sahkan Tujuh Komisioner KKR yang Akan Ungkap Pelanggaran HAM di Aceh)

Hendra berharap, ketujuh anggota KKR tersebut agar segera di SK-kan oleh Gubernur Aceh. Karena, jika SK belum keluar, maka dikhawatirkan akan menghambat kerja KKR dalam mengungkapkan kasus-kasus yang terjadi pada saat konflik puluhan tahun silam.

“Setelah ditetapkan oleh DPR, kita berharap gubernur juga cepat-cepat memproses ini supaya kawan-kawan KKR bisa bekerja dengan maksimal,” ujar Hendra.

Diakui Hendra, pada tahapan perekrutan KKR, KontraS Aceh juga dilibatkan dalam merumuskan beberapa masalah tentang tahapan itu sendiri. “Kita juga memberikan masukan-masukan pada tahapan seleksi, baik itu di Panitia seleksi maupun di komisi I DPR Aceh,” pungkasnya.[]

REPORTER: MUHAMMAD FADHIL