Home / BERITA TERBARU / Cegah Terowongan Hamas, Israel Bangun Tembok Bawah Tanah Diperbatasan Gaza

Cegah Terowongan Hamas, Israel Bangun Tembok Bawah Tanah Diperbatasan Gaza

Cegah terowongan Hamas, Israel bangun tembok bawah tanah diperbatasan Gaza, Palestina. (Foto: Reuters)

Cegah terowongan Hamas, Israel bangun tembok bawah tanah diperbatasan Gaza, Palestina. (Foto: Reuters)

KLIKKABAR.COM, ISRAEL – Pemerintah Israel dilaporkan sedang membangun sebuah tembok bawah tanah di perbatasan Israel dan Gaza. Tembok ini dibangun untuk melawan terowongan bawah tanah yang dibangun Hamas.

Seorang pejabat Israel menuturkan proses pembangunan tembok itu saat ini tengah berjalan. “Dalam beberapa bulan kedepan tembok tersebut akan rampung,” kata pejabat yang tidak ingin disebutkan namanya tersebut.

“Tujuan pembangunan tembok tersebut adalah untuk melawan terowongan Hamas. Tembok ini akan membuat terowongan Hamas menjadi jebakan mematikan bagi kelompok itu,” sambungnya, seperti dilansir Al Arabiya pada Minggu 25 September 2016.

Pejabat itu mengatakan, tembok tersebut akan membentang sejauh 60 Km di sepanjang perbatasan Israel dan Gaza. Namun, dia tidak memberikan rincian seberapa dalam tembok tersebut akan dibangun dibawan tanah.

Terowongan bawah tanah Hamas merupakan momok bagi Israel, saat terjadi perang pada tahun 2014 lalu. Hamas menggunakan terowongan itu untuk memberikan serangan kejutan kepada pasukan Israel yang berada di perbatasan.

Paska perang yang berlangsung selama 50 hari itu, Israel berusaha menggunakan segala cara untuk melawan terowongan tersebut. Sebelum pembangun tembok, Israel berupaya menemukan dan menghancurkan terowongan-terowongan tersebut, namun hal itu tidak terlalu efektif karena Hamas terus menggali terowongan baru. (Sindonews)