Home / ACEH / Boat Nelayan Kuala Idi Kembali Tenggelam, 11 ABK Selamat

Boat Nelayan Kuala Idi Kembali Tenggelam, 11 ABK Selamat

 Ilustrasi boat tenggelam di Kuala Idi. (Zamzami Ali/Klikkabar).

Ilustrasi boat tenggelam di Kuala Idi. (Zamzami Ali/Klikkabar).

KLIKKABAR.COM, ACEH TIMUR- Satu boat nelayan di Aceh Timur, KM Cahaya Baru, tenggelam di ujung muara Kuala Idi, Rabu, 7 September 2016 sekira pukul 00.20 WIB. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Menurut informasi yang didapat Klikkabar.com dari Tim SAR Aceh Timur, KM Cahaya Baru awalnya mengalami kebocoran lambung kapal saat masih berada di tengah laut, perairan Selat Malaka. Karena melihat situasi yang tidak memungkinkan, boat yang dinahkodai oleh T. Sofya itu memutuskan untuk segera bergegas pulang ke Kuala Idi karena air laut yang masuk semakin banyak.

“Di tengah perjalanan pulang, kebocoran kapal semakin parah hingga akhirnya mesin boat mati saat hampir mencapai daratan Kuala Idi,” kata Herman, salah seorang anggota SAR Aceh Timur.

Kebocoran yang parah, kata Herman, ditambah gelombang yang tinggi membuat air laut semakin banyak masuk hingga menyebabkan mesin mati. Lalu, boat nahas tersebut dihantam oleh ombak besar dan terhempas ke batu pemecah ombak sehingga boat itu pun langsung tenggelam ke dasar laut.

“Pawang dan 10 anak buah kapal (ABK) selanjutnya langsung melompat dan berenang ke batu. Alhamdulillah, semua korban dalam keadaan selamat,” ujar Herman.

REPORTER : ZAMZAMI ALI