Home / ACEH / Keberadaan Galangan Fiberglass Untungkan Nelayan

Keberadaan Galangan Fiberglass Untungkan Nelayan

Walikota Langsa,Usman Abdullah SE, didampingi Direktur Utama PT Era Global Conservasi, Agussalim, memotong pita pertanda diresmikannya tempat penggalangan kapal ikan fiberglas milik PT Era Global Conservasi yang berada di Jalan Kuala Langsa KM 6 Gampong (desa) Kuala Langsa, Kecamatan Langsa Barat, Selasa (30/8)

Walikota Langsa,Usman Abdullah SE, didampingi Direktur Utama PT Era Global Conservasi, Agussalim, memotong pita pertanda diresmikannya tempat penggalangan kapal ikan fiberglas milik PT Era Global Conservasi yang berada di Jalan Kuala Langsa KM 6 Gampong (desa) Kuala Langsa, Kecamatan Langsa Barat, Selasa 30 Agustus 2016.

KLIKKABAR.COM, LANGSA – Walikota Langsa, Usman Abdullah SE, mengatakan, keberadaan tempat penggalangan kapal ikan fiberglass milik PT Era Global Conservasi yang berada di Jalan Kuala Langsa KM 6 Gampong (desa) Kuala Langsa, Kecamatan Langsa Barat, nantinya dapat menguntungkan bagi para nelayan di Kota Langsa dan Aceh umumnya. Demikian disampaikan, Walikota ketika melakukan peresmian tempat penggalangan kapal ikan fiberglass di gampong setempat, Selasa 30 Agustus 2016.

Lebih lanjut Walikota mengatakan, dengan adanya tempat penggalangan kapal ikan fiberglass juga bisa menghemat kebutuhan kayu di Aceh, karena selama ini kapal nelayan yang ada dibuat dari bahan kayu,sehingga semakin hari kayu yang ada di Aceh semakin berkurang.

Karenaya, dengan adanya penggalangan kapal ikan fiberglass para nelayan dapat diuntungkan terutama dari segi biayanya ketika membelinya hingga biaya perawatannya pun murah.

”Ya, kita tahu bahan dasar kayu untuk membuat kapal sekarang sangat mahal sekali karena harga kayunya yang mahal dan semakin langka keberadaannya,”ujarnya.

Jadi, agar para nelayan mau beralih ke kapal yang terbuat dari fiberglass ini perlu dilakukan sosialisasi ketika kita hendak memperjualkan kapal fiberglass dengan harga yang semurah mungkin,bahkan, perawatannya pun mudah dan murah alias tidak perlu mengeluarkan biaya mahal dan berkualitas.

Untuk itu, diharapkan kepada semua pihak terutama dinas terkait dapat mendukung terhadap usaha pengalangan kapal ini, dapat terus maju dan diminati masyarakt kita terutama nelayan.

Direktur Utama PT Era Global Conservasi, Agussalim, mengatakan, pembuatan kapal fiberglass ini Standar Biro Klasifikasi Indonesia (BKI).Adapun ukuran yang diproduksi yakni kapal fiber 3 GT bentuk V, kapal fiber 3 GT bentuk VK, kapal fiber 5 GT bentuk U dan kapal fiber 5 GT bentuk V, dan kapal fiber 20 GT bentuk V semuanya tipe Mina Maritim.

Dikatakan, selain kapal ikan fiberglass juga memproduksi berbagai macam jenis produk dari bahan baku fiberglass seperti, peti ikan, palka, tong sampah, kursi dan sejumlah produk lainya.

Diharapkan, keberadaan tempat penggalangan kapal fiberglass ini menjadi entry point dan kedepan Kota Langsa kembali menjadi zona investasi andalan seperti masa dahulu dengan iklim investasi yang aman, nyaman dan memiliki nilai pasar yang strategis serta daya saing untuk pengembangan usaha selanjutnya.

Turut hadiri oleh Kapolres Langsa AKBP Iskandar ZA SIK, Dandim 0104/Aceh Timur Letkol Inf Amril Haris Isya Siregar, Ketua DPRK Burhansyah SH, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Langsa, LA Kamis SH MH, anggota DPR Aceh, Rusli alias Tambi dan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Langsa, AKBP Navri Yuleny.