Home / ACEH / Gajah Liar Kembali Mengamuk Dan Meneror Warga Aceh Timur

Gajah Liar Kembali Mengamuk Dan Meneror Warga Aceh Timur

Foto: Ilustrasi gajah liar mengamuk dan meneror warga.

Foto: Ilustrasi gajah liar mengamuk dan meneror warga.

KLIKKABAR.COM, ACEH TIMUR – Sekawanan gajah liar kembali mengamuk dan merusak tanaman milik warga di Desa Seumanah Jaya, Kecamatan Ranto Peureulak, Kabupaten Aceh Timur, Jum’at 15 Juli 2016.

Menurut informasi yang dihimpun Klikkabar.com, kawanan gajah tersebut diperkirakan berjumlah sekitar 5 ekor. Untuk sementara, belum dapat dipastikan berapa luas kebun milik warga yang dirusak oleh kawanan ‘po meurah’ liar itu.

Darmawan, 25 tahun, salah seorang warga setempat mengatakan bahwa kawanan gajah liar tersebut mendekati serta memasuki pemukiman warga pada malam hari disaat ia dan warga lainnya sedang beristirahat.

“Ada sekitar 5 ekor gajah yang mengamuk. Tanaman milik kami seperti sawit, kakao dan karet dimakan dan dirusak oleh gajah. Kami hanya pasrah menghadapi cobaan yang terus menerus menimpa warga disini,” lirih Darmawan, petani asal Seumanah Jaya, Jum’at, 15 Juli 2016.

Sampai sekarang, kata Darmawan, ia bersama warga lainnya belum berani memasuki areal kebun untuk memastikan seberapa luas dan parahnya amukan gajah liar tersebut. Warga juga mendesak pemerintah agar segera mempercepat pembangunan barrier (pembatas) yang telah mulai dikerjakan akhir Mei 2016 lalu.

Seperti diketahui, hingga kini, konflik gajah antara manusia masih saja terjadi di beberapa wilayah di Aceh Timur. Pemerintah setempat telah mengantisipasi hal tersebut dengan menempatkan beberapa ekor gajah jinak yang ditempatkan di Conservation Respon Unit (CRU) Serbajadi untuk mengahalau gajah liar serta membangun barrier (pembatas) untuk mengahalangi gajah liar memasuki pemukiman penduduk.

REPORTER : ZAMZAMI ALI