Home / ACEH / Benarkah Golkar Dukung Mualem untuk Gubernur Aceh 2017-2022 ?

Benarkah Golkar Dukung Mualem untuk Gubernur Aceh 2017-2022 ?

Pertemuan Mualem dengan Ketua Umum DPP Partai Golkar Setya Novanto.

Pertemuan Mualem dengan Ketua Umum DPP Partai Golkar Setya Novanto.

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Partai Golkar masih merahasiakan terkait sikap politiknya terhadap pilkada Aceh 2017 mendatang. Ketua DPP Partai Golkar Setya Novanto saat melakukan kunjungan partai ke DPD I Partai Golkar Aceh pada 11 Juni 2016 yang lalu juga mengatakan bahwa dukungan partai berlambang pohon beringin itu masih terbuka kepada setiap bakal calon Gubernur Aceh periode 2017-2022.

Namun, baru-baru ini, sikap politik yang dipimpin oleh Setya Novanto itu mulai tercium bahwa Partai Golkar akan melabuhkan dukungannya untuk mantan panglima GAM yang juga Ketua Umum Dewan Pimpinan Aceh (DPA) Partai Aceh (PA), Muzakir Manaf.

Dukungan golkar terhadap Mualem, sapaan akrab Muzakir Manaf, tercium saat terbongkarnya kedua pucuk pimpinan parnas dan parlok tersebut melakukan pertemuan tertutup dikediaman Ketua Umum Golkar, Setya Novanto yang beralamat di jalan Wijaya XIII, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada 19 Juni 2016 yang lalu. Saat itu, Mualem turut didampingi oleh Muntasir Hamid (tokoh masyarakat Aceh di Jakarta), Teuku Irsyadi (pengusaha Aceh di Jakarta), serta T A Khalid, yang merupakan balon wakil Mualem di pilkada 2017 mendatang. (Baca : Diam-diam, Mualem Temui Setya Novanto)

Pertemuan yang sebelumnya luput dari pantauan media itu, sebagaimana yang diberitakan oleh hampir semua media lokal di Aceh pada Jumat 24 Juni 2016, menyebutkan bahwa Novanto sangat mengagumi sosok Muzakir Manaf yang kerap disapa Mualem itu.

Mantan Ketua DPR RI ini menilai, Mualem yang punya latar belakang sebagai mantan Panglima Gerakan Aceh Merdeka (GAM), juga punya potensi yang lebih baik ketimbang kandidat-kandidat balon Gubernur Aceh yang lainnya. Elektabilitasnya dinilai juga berada diatas rata-rata karena diterima oleh setiap elemen masyarakat, baik aktivis, akademisi, santri, elit politik, TNI-Polri, para ulama serta berbagai lembaga sosial kemasyarakatan lainnya.

Tidak cukup sampai disitu, Ketua Umum Partai Golkar itu turut memuji sosok Mualem yang dinilai punya modal besar untuk menjadi orang nomor satu di Aceh karena memiliki jaringan kuat dengan banyak komponen masyarakat, apalagi ditambah dengan pengalamannya yang sudah menjabat sebagai Wakil Gubernur Aceh.

Bila mengacu dari pertemuan tersebut, golkar semakin menampakkan sikap politiknya bahwa akan mendukung Mualem untuk Gubernur Aceh, dan ini juga menjadi sinyal kuat bahwa partai penguasa dimasa orde baru itu akan mengusung Mualem sebagai Gubernur Aceh periode 2017-2022. []