Home / BERITA TERBARU / Ternyata Selfie Berbahaya Bagi Kesehatan, ini Kata Pakar

Ternyata Selfie Berbahaya Bagi Kesehatan, ini Kata Pakar

Foto : vivanews

Foto : vivanews

KLIKKABAR.COM – Berkembangnya teknologi ponsel di dunia khususnya di bagian kamera membuat banyak orang tak ingin melewatkan kenangan hidup begitu saja. Mereka selalu ingin mengabadikan moment moment terpenting yang  bisa kembali dilihat dikemudian hari, salah satunya yaitu dengan melakukan sawfoto atau selfie. Namun Tahukah anda jika ternyata Swafoto atau selfi ternyata memiliki efek yang buruk untuk kulit?

Ya seperti yang diungkapkan oleh seorang pakar dermatoogi Simon Zoakei selaku Direktur Medis Klinik Kulit Linia di Inggris bahwa terlalu sering melakukan selfie ternyata dapat mengakibatkan kulit wajah cepat menua atau keriput, hal ini disebabkan karena adanya cahaya biru yang terpancar dari layar ponsel pintar anda.

“Mereka yang mengambil banyak foto narsis dan para blogger cukup mengkhawatirkan karena cahaya biru dari layar gawai dapat merusak kulit,” kata Simon Zoakei

Anggapan juga dilontarkan oleh pakar lainya bahwa sebuah radiasi elektromagnetik dari ponsel dapat merusak untaian DNA yang akhirnya menyebabkan kulit cepat menua atau keriput. Adapun manfaat untaian DNA sendiri adalah dapat memperbaiki kulit yang rusak dengan sendirinya.

Nah kondisi diatas kemudian berlanjut dengan stres oksidatif pada sel sehingga pada akhirnya kulit menjadi keriput. Para ahli menganggap bahwa hal yang semacam ini cukuplah menghawatirkan karena selain kondisi diatas ternyata medan magnet yang terdapat pada paparan cahaya biru juga memiliki potensi merubah mineral dalam kulit.

“Saya pikir sangat perlu menciptakan mekanisme pertahanan, sebab tabir surya tidak akan melindungiAnda,” kata Zein Obagi, pendiri Institut Kesehatan Kulit Obagi di Amerika Serikat, melansir dari Indian Express. (viva)