Home / ACEH / Bagaimana Nasib Din Minimi Cs Bila Bang Yos Lengser dari Kepala BIN?

Bagaimana Nasib Din Minimi Cs Bila Bang Yos Lengser dari Kepala BIN?

Foto: Harian Aceh

Foto: Harian Aceh

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Sejak turun gunung pada tanggal 28 Desember 2015 lalu, eks kelompok bersenjata Aceh Nurdin bin Ismail alias Din Minimi hingga saat ini belum ada kejelasan terkait pemberian amnesti dari pemerintah pusat sebagaimana dijanjikan oleh Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Sutiosa saat menjemput mereka di pedalaman Aceh Timur.

Meski Kepala BIN dan Presiden Jokowi telah menjanjikan pemberian amnesti untuk mantan anggota GAM yang memberontak karena ketidakpuasan terhadap Pemerintah Aceh itu, namun di DPR RI sendiri sampai hari ini belum mengagendakan jadwal pembahasan perkara tersebut.

Terkatung-katungnya amnesti untuk Din Minimi Cs ini tidak terlepas dari perdebatan di kalangan elit politik Jakarta, meski sejumlah kalangan setuju pemberian amnesti tersebut, namun tidak sedikit pula yang menilai keliru jika Pemerintah Indonesia benar-benar memberikan pengampunan kepada Din Minimi Cs yang dinilai telah banyak melakukan tindakan krimanal selama mengangkat senjata.

Bahkan ada juga kalangan elit politik di Jakarta yang mengemukakan bahwa Din Minimi Cs tidak berhak lagi diberikan amnesti, karena konteks Aceh selama mereka mengangkat senjata berada dalam suasana damai, dan juga mereka bukan melawan Pemerintah Indonesia melainkan Pemerintah Aceh karena tidak puas.

Mungkin banyak kalangan saat ini bertanya-tanya, apakah Pemerintah Indonesia memang sengaja menggantungkan amnesti untuk Din Minimi Cs, yang sampai saat ini DPR pun belum mengagendakan untuk membahasnya, padahal Din Minimi Cs sudah enam bulan turun dari gunung.

Pertanyaan tentang apakah Din Minimi akan mendapatkan amnesti, hari ini, dikalangan masyarakat Aceh terus mencuat disaat bersamaan munculnya isu bahwa Sutioso yang menjabat Kepala BIN saat ini dan berperan dalam membawa Din Minimi kembali kepangkuan masyarakat akan digantikan oleh Wakil Polri Komjen Pol Budi Gunawan.

Pertanyaan yang saat ini mulai bermunculan, bila Jokowi benar-benar melakukan reshuffle Kepala BIN, Bagaimana nasib Din Minimi Cs selanjutnya? Apakah Din Minimi akan semakin kuat dalam mendapatkan amnestinya? Atau jangan-jangan Din Minimi akan berakhir di jeruji besi?.

Bila Din Minimi tidak berhasil memperoleh amnesti, tidak ada kata lain baginya selain harus menerima kenyataan pahit dengan menghuni jeruji besi. Apalagi, Kepala Kepolisian Resor Lhokseumawe, AKBP Anang Triarsono, melalui Kasat Resor Kriminal AKP M Yasir, beberapa hari pasca turun gunungnya Din Minimi telah menegaskan bahwa apabila tidak jadi diberikan amnesti, maka Din Minimi akan ditangkap.

“Sejauh ini, masih proses pembahasan amnesti, kalau amnesti tidak jadi diberikan akan kita tangkap Din Minimi,” demikian tegas Kasat Resor Kriminal AKP M Yasir pada Senin 11 Januari 2016 yang lalu.

Bagaimana nasib Din Minimi Cs nantinya, apakah mendapatkan surga pengampunan (amnesti), atau malah harus berakhir di jeruji besi?. Ini semua tergantung pada Pemerintah Indonesia, tidak ada pihak yang mampu untuk menekan Pemerintah RI terkait persoalan ini. Wallahualam…