Home / ACEH / Mualem Dukung Duet PA dan PKS di Aceh Besar?

Mualem Dukung Duet PA dan PKS di Aceh Besar?

Aryos Nivada, pengamat politik dan keamanan Aceh.

Aryos Nivada, pengamat politik dan keamanan Aceh.

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Membaca perihal dinamika politik lokal di Kabupaten Aceh Besar sehubungan dengan Pilkada 2017. Dimana ada keinginan dari Muzakir Manaf menduetkan Saifuddin Yahya alias Pak Cek dengan kader dari Partai Keadilan Sejahtera Tgk. H. Irawan Abdullah, S. Ag.

Dukungan dari Mualem terhadap duet PA dan PKS di Pilkada Kabupaten Aceh Besar boleh jadi bagian dari kesepakatan PKS mendukung Muzakir Manaf menjadi gubernur di Pilkada 2017 mendatang.

“Tetapi dukungan dari Mualem menduetkan kader PKS belum tentu linier untuk Aceh Besar, karena keunikan kultur politik dan marwah Aceh Besar. Ditambah lagi posisi Aceh Besar berbeda dibandingkan kabupaten/kota lain dalam hal relasi antara Muzakir Manaf dengan aktor politik PA di Aceh Besar,” demikian ujar Pengamat Politik dan Keamanan Aceh, Aryos Nivada kepada Klikkabar.com, Minggu 22 Mei 2016.
Menurut amatan Penulis Buku Pecah Belah Politik Lokal Aceh ini, Partai Aceh Kabupaten Aceh Besar membangun relasi dengan DPP Partai Aceh sangat berbeda. Ditunjukkan bahwa kalau PA Aceh Besar lebih otonom dalam bersikap menentukan pilihannya sendiri melalui keputusan musyawarah PA Aceh Besar, sehingga intervensi DPP Partai Aceh melalui ketuanya (Mualem) tidak berpengaruh. Jika kondisi masih begitu, maka pasangan Pak Cek bukan dari kader PKS.

Aryos juga menambahkan, strategi PKS membangun kebersamaan dengan PA patut di acungkan jempol, karena keberadaan PKS di Aceh Besar susah berkembang. Hal ini terlihat dari hasil politik pada Pileg (pemilihan legislatif) tahun 2009 memperoleh hanya 4 kursi, sedangkan Pileg tahun 2014 hanya 3 kursi. Ini menunjukan, bahwa PKS sulit berkembang di Aceh Besar dalam menambah jumlah kursi. Penyebabnya gerakan militansi PKS mempengaruhi pemilih masih lebih dominan di masyarakat urban dari pada pelosok gampong (desa).

“Tapi kalaulah PKS bisa membuat keputusan Mualem linier untuk Aceh Besar untuk menduetkan kader PKS dengan Pak Cek, maka gerbang politik untuk PKS di Aceh Besar mulai terbuka lebar. Ditunjukan nanti dalam meraih kekuasaan lebih besar dan peningkatan jumlah kursi di DPRK (Parlemen), ” sebut Peneliti Jaringan Survei Inisiatif ini.

Namun jika sebaliknya tidak linier, maka PKS berpotensi akan mengkaji ulang dukungan terhadap Muzakir Manaf. “Karena dari awal saja sudah tidak komitmen terhadap kesepakatan yang sudah dibangun, salah satunya menduetkan kader PKS pada Pilkada di Aceh Besar. Apalagi jalinan hubungan ke depannya PKS bisa saja banyak dimainkan oleh PA,” pungkas Aryos Nyan Nivada. []