Home / BERITA TERBARU / Investor Belgia Kucurkan USD 574,5 Juta untuk Proyek Pelabuhan di Indonesia

Investor Belgia Kucurkan USD 574,5 Juta untuk Proyek Pelabuhan di Indonesia

Ilustrasi pelabuhan.

Ilustrasi pelabuhan.

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengidentifikasi minat investasi dari pengusaha Belgia untuk pengembangan pelabuhan senilai 574,5 juta dolar AS.

Menurut Kepala BKPM Franky Sibarani dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat 22 April 2016, perusahaan sudah menjalin komunikasi dengan salah satu BUMN pengelola pelabuhan terkait minat itu. Franky sedang mengikuti kunjungan Presiden Joko Widodo ke Belgia.

“Dalam pertemuan, perusahaan meminta BKPM untuk memfasilitasi agar minat mereka dapat berjalan sesuai rencana. Termasuk dalam koordinasi dengan kementerian- lembaga lainnya,” ujarnya.

Dalam kegiatan CEO Roundtable Meeting antara Kepala BKPM dengan 15 perusahaan Belgia pada Kamis 21 April 2016 itu, pengusaha Belgia menyoroti tentang persoalan infrastruktur.

Bersama Ketua Kadin Roesan Roslani yang hadir dalam pertemuan, Franky memaparkan perkembangan berbagai pembangunan proyek infrastruktur yang dilakukan oleh pemerintah.Beberapa di antaranya pembangunan jalan tol, pelabuhan, serta bandara.

Dia menyampaikan bahwa perusahaan-perusahaan Belgia yang hadir dalam pertemuan sebagian sudah berinvestasi di Indonesia dan berencana memperluas investasinya.

“Misalnya perusahaan yang memproduksi serat baja memperluas investasinya senilai 50 juta dolar AS di Karawang, industri pembuatan pisau yang berencana membuka pabrik baru di Bekasi, serta perusahaan ritel yang akan melakukan perluasan jaringan,” katanya.

Pertemuan dengan 15 perusahaan Belgia yang digelar BKPM merupakan tindak lanjut dari kunjungan Putri Astrid ke Jakarta, Maret lalu.

Dalam kunjungan tersebut, Putri Astrid membawa 301 orang termasuk 167 CEO dari 167 perusahaan.

BKPM mencatat sepanjang 2010-2015, realisasi investasi Belgia di Indonesia mencapai 132 juta dolar AS dan berada di peringkat 27 negara asal investasi yang masuk ke Indonesia.

Sedangkan dari sisi komitmen investasi dari Belgia untuk periode yang sama tercatat 213, 5 juta dolar AS terdiri dari 64 proyek investasi.

Rima