Home / BERITA TERBARU / Kapolda: Senjata Bekas Konflik Masih Beredar

Kapolda: Senjata Bekas Konflik Masih Beredar

IMG_20160218_122248_1455806817019

Kapolda Irjen Pol Husein Hamidi (Muhammad Fadhil/Klikkabar)

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Kapolda Aceh, Irjen Pol Husein Hamidi memperkirakan masih ada senjata ilegal bekas konflik yang bererdar di Aceh hingga saat ini.

Hal tersebut, katanya, terlihat dari ketersediaan senjata api dalam kelompok sipil bersenjata di Aceh. Saat ditangkap , kata Husein Hamidi, para pelaku mengakui bahwa bahwa senjata api yang disita bersama mereka adalah peninggalan sisa-sisa konflik dulu.

“Senjata ilegal bekas konflik masih ada walaupun sudah beberapa kali dikumpulkan,” Kata Husein Hamidi kepada Wartawan usai melakukan pertemuan dengan Tim Otsus dari DPR RI yang berlangsung di Mapolda Aceh, Banda Aceh, kamis, 18 Februari 2016.

Husein hamidi menjelaskan total senjata yang sudah dihancurkan maupun yang disita sejak nota kesepakatan damai hingga kini sudah mencapai 900 pucuk. Pun demikian, ia meyakini senjata pada erat konflik masih belum sepenuhnya habis dan masih ada yang beredar di tangan kelompok kriminal maupun masyarakat.

“Kita terus melakukan upaya untuk dapat melakukan pengungkapan siapa-siapa yang melakukan tindak kriminal, namun juga kita perkirakan masih ada masyarakat yang menyimpan senjata api, tidak digunakan untuk kriminal,” kata Husein Hamidi.

Husein juga meminta perangkat kerja di bawahnya untuk terus memberi penerangan ke masyarakat untuk menyerahkan senjata api ke pihak kepolisian.

“Kita terus himbau kapolsek dan kapolres untuk melakukan pendekatan kepada masyarakat agar masyarakat menyerahkan senjata api,” tutup Husein Hamidi. []

REPORTER: MUHAMMAD FADHIL