Home / ACEH / Iskandar al Farlaky: Aceh Tidak Siap Hadapi MEA

Iskandar al Farlaky: Aceh Tidak Siap Hadapi MEA

Iskandar Usman al Farlaky (Ist.)

Iskandar Usman al Farlaky (Ist.)

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Anggota Komisi I yang juga merupakan Ketua Badan Legislasi DPR Aceh Iskandar Usman al Farlaky menilai Aceh saat ini belum siap menghadapi persaingan dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Menurut Iskandar, dalam keadaan seperti sekarang, pemberlakuan MEA akan lebih banyak merugikan bagi masyarakat dan pengusaha lokal. Ia melihat kehadiran MEA, yang memungkinkan ekspor-impor dan pertukaran tenaga kerja profesional antar negara ASEAN lebih mudah dilakukan, justru akan mengancam industri lokal di Aceh.

“Jika Indonesia dan Aceh khususnya tidak siap hadapi MEA, negara kita akan menjadi pasar bagi negara ASEAN, karena negara kita ini negara dengan masyarakat konsumtif akan bersaing dengan produk luar negeri,” kata Iskandar, Senin 18 Januari 2016.

“Tantangan MEA itu ada resiko kompetisi. Ini akan meningkatkan daya saing antar pengusaha, jadi kalau kita tidak siap, itu akan mengancam industri lokal.”

Ketidaksiapan Aceh dalam menghadapi MEA, menurut Iskandar, antara lain dapat dilihat dari minimnya investasi di Tanah Rencong.

“Kita juga harus memikirkan sumber daya alam jangan sampai dieksploitasi perusahaan Asing. Jangan sampai eksploitasi merusak dan memberi dampak negatif bari kearifan lokal daerah, itu seperti Freeport yang di Papua,” ucap anggota Fraksi Partai Aceh ini. []

REPORTER: MUHAMMAD ALIZA