Home / BERITA TERBARU / Komisi III DPR Tetapkan Lima Pimpinan Baru KPK

Komisi III DPR Tetapkan Lima Pimpinan Baru KPK

uploads--1--2014--02--89539-kpk-tunggu-laporan-pemprov-dki-tentang-dugaan-korupsi-transjakarta

KLIKKABAR.COM, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya memiliki pimpinan baru periode 2015-2019. Lima pimpinan baru KPK dinyatakan lolos dalam uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test di Komisi III DPR.

Melansir Okezone, sebelumnya komisi III DPR  melakukan voting terhadap 10 calon pimpinan (Capim) KPK. Voting tersebut untuk mengambil lima nama yang akan menjadi pimpinan KPK periode 2015-2019.

Pimpinan rapat yang juga Ketua Komisi III DPR, Aziz Syamsudin mengatakan, tahap voting akan dilakukan 54 anggota komisi hukum untuk memilih lima calon melalui surat suara yang diedarkan.

“Berdasarkan mekanisme yang disepakati, maka setiap anggota bisa melingkari angka dan alfabet pada daftar yang diedarkan untuk memilihnya,” kata Aziz di dalam ruang rapat Komisi III DPR, Senayan, Jakarta, Kamis, 17 Desember 2015.

Aziz Syamsuddin mengatakan, berdasarkan hasil voting dari 54 anggota komisi hukum diputuskan bahwa Alexander Marwata, Saut Situmorang, Basaria Panjaitan, Agus Rahardjo, Laode Syarif layak menjadi pimpinan KPK periode berikutnya.