Home / ACEH / Jusuf Kalla Akan Terima Doktor HC dari Universitas Syiah Kuala

Jusuf Kalla Akan Terima Doktor HC dari Universitas Syiah Kuala

9007_jusuf_kalla_beda_birokrat_dan_pengusaha_di_mata_saya

KLIKKABAR.COM, BANDA ACEH – Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh pada Sabtu 14 November 2015, siang akan menganugerahkan gelar Doktor Honoris Causa (HC) di bidang perdamaian kepada Jusuf Kalla (JK).

Pemberian penghargaan kepada JK atas jasa-jasanya dalam penyelesaian konflik Aceh secara damai tahun 2005.

Selain itu, Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla juga akan menghadiri puncak Peringatan Sepuluh Tahun Aceh Damai yang dilaksanakan di Taman Ratu Safiatuddin (Tarasa) Lampriek, Banda Aceh, Minggu 15 November 2015 pagi.

Dalam kesempatan itu, Wapres JK akan mendeklarasikan Aceh sebagai laboratorium perdamaian.

Seperti dilansir Serambi, Informasi tentang kedatangan JK ke Banda Aceh diperoleh  dari Ketua Panitia Peringatan Sepuluh Tahun MoU Helsinki, Dr Muzakar A Gani MSi yang juga Asisten Administrasi Umum Setda Aceh, maupun dari Kepala Humas Unsyiah, Dr Ilham Maulana pada Kamis 5 November 2015 siang di Banda Aceh.

Menurut Dr Muzakar, Wapres JK berada di Banda Aceh pada Sabtu dan Minggu (14-15/11). Begitu mendarat di Landasan Udara (Lanud) Iskandar Muda, Blangbintang, Aceh Besar pada 14 November, JK langsung menuju Gedung AAC Dayan Dawood, Unsyiah, Banda Aceh.

Di tempat inilah JK akan menyampaikan orasi, lalu dianugerahi Rektor Unsyiah, Prof Dr Samsul Rizal MEng, gelar Doktor HC di bidang perdamaian.

Kepala Humas Unsyiah, Dr Ilham Maulana yang dihubungiSerambinews.com terpisah menyebutkan, pemberian gelarDoktor HC kepada JK sesungguhnya sudah dibahas sejak setahun lalu menjelang diberikan gelar yang sama kepada Dr Susilo Bambang Yudhoyono.

Pendekatan subjeknya juga sama, yaitu peran mereka dalam mencapai solusi damai bagi konflik Aceh yang sudah berlarut-larut.

Seusai pengukuhan Doktor HC di Unsyiah, JK akan menjadi keynote speaker dalam Konferensi Internasional Sepuluh Tahun MoU Helsinki di Hotel Hermes Palace.

Malamnya, Gubernur Aceh menjamu Wapres dalam gala dinner, lalu esoknya, Minggu pagi, JK akan menghadiri puncak peringatan sepuluh tahun Aceh damai di Taman Ratu Safiatuddin Banda Aceh.

Setelah itu, JK akan kembali ke Hotel Hermes Palace, lalu pukul 12.00 WIB terbang kembali ke Jakarta melalui Lanud SIM Blang Bintang, Aceh Besar. (srb)