Home / BERITA TERBARU / Mahathir Mohamad Juga Ikut Aksi ‘Reformasi’ Malaysia

Mahathir Mohamad Juga Ikut Aksi ‘Reformasi’ Malaysia

Mahathir

KLIKKABAR.COM – KUALA LUMPUR, Mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia, Mahathir Mohamad, yang dulunya mendukung Najib Razak, pada Minggu 30 Agustus juga ikut turun pada aksi massa yang berslogan ‘Bersih’ itu. Demonstrasi besar-besaran tersebut dilakukannya untuk menurunkan PM Malaysia saat ini, Najib Razak. Selasa 1 September 2015.

Aksi demontrasi tersebut berlangsung pada 29 dan 30 Agustus 2015 lalu. Namun Mahathir Mohamad hanya ikut turun dalam aksi di Kuala Lumpur pada Minggu 30 Agustus 2015.

Aksi mantan PM Malaysia itu dinilai sangat berpengaruh dalam langkah melawan Najib.

Dikutip dari BBC.com, pihak kepolisian Malaysia mengatakan bahwa sekitar 250 ribu orang turut serta dalam demonstrasi yang berlangsung dua hari, meski Bersih – kelompok pro-demokrasi yang mengorganisir aksi tersebut – menyatakan ada 300 ribu orang yang turut serta.

Mahathir yang memimpin Malaysia dari 1981-2003 dan mantan pendukung Najib mengatakan bahwa tak mungkin lagi dia terus berada di posisinya sekarang.

“Tak ada lagi aturan hukum. Satu-satunya cara buat orang-orang untuk kembali ke kondisi lama adalah dengan menurunkan perdana menteri ini,” katanya. “Kita harus menurunkan perdana menteri ini.”

Aksi massa di Kuala Lumpur dikabarkan ilegal, namun sempat berlanjut dan berakhir damai hingga Minggu malam.

Beberapa aksi massa Bersih sebelumnya dibubarkan oleh polisi menggunakan gas air mata dan meriam air.

EDITOR : MIRZA FANZIKRI